Ulasan Persamaan Umum Gas Ideal Pada Proses Termodinamika -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Persamaan Umum Gas Ideal Pada Proses Termodinamika - Artikel ini berisi tentang materi Rumus - rumus persamaan umum gas ideal, Rumus Energi kinetik Gas, Persamaan dan bunyi dari Hukum Boyle, Hukum Charles, Hukum Gay Lussac, Hukum Boyle-Gay Lussac, Serta Macam - macam Proses Termodinamika. Materi termodinamika dapat kita jumpai pada kelas X dan XI. Untuk itu, materi ini kemungkinan muncul pada saat kalian ujian nanti. Untuk itu, Ilmu sains online akan membahas materi ini secara lengkap untuk kalian semua.

Persamaan Umum Gas Ideal Pada Proses Termodinamika Google Image - Persamaan Umum Gas Ideal Pada Proses Termodinamika
Termodinamika merupakan salah satu proses yang ada didalam ilmu fisika. Proses termodinamika tersebut meliputi Proses Isokhorik, Proses Isobarik, Proses Isotermik, dan Proses Adiabatik. Nah Ilmu sains online akan membahas secara terperinci perihal pengertian dari macam - macam proses Termodinamika. Untuk itu, Kalian semua simak dengan baik ya kawan - kawan.

Persamaan Umum Gas Ideal Pada Berbagai Proses Termodinamika

Persamaan Umum Gas Ideal

Gas ideal merupakan suatu gas teoretis yang terdiri dari partikel - partikel yang bergerak bebas yang tidak saling berinteraksi antara partikel satu dengan partikel yang lain. Untuk mengetahui Persamaan gas ideal, Kita gunakan Rumus Gas Ideal berikut:

p V = n R T

Keterangan:

p = Tekanan gas Ideal V= Volume gas ideal n = Jumlah mol gas R = Tetapan gas umum (8,31 x 1000 J/kmol K) T = Suhu (K)

Baca Juga: Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas X Lengkap

Energi Kinetik Gas

Setiap partikel gas ideal umumnya selalu bergerak bebas sehingga memiliki energi kinetik. Untuk mengetahui Energi Kinetik N buah Partikel gas ideal dirumuskan dengan Rumus Energi Kinetik Gas berikut ini:

Ek = 3/2nRT

Hukum Boyle

Hukum Boyle Berbunyi bahwa pada suhu tetap, volume gas berbanding terbalik dengan tekanan yang diberikan. Persamaan Hukum Boyle adalah:

p1 V1 = p2 V2

Hukum Charles

Hukum Charles Berbunyi ketika tekanan gas dipertahankan tetap, maka volume gas sebanding dengan suhu absolutnya. Persamaan Hukum Charles adalah:

V1/T1 = V2/T2

Hukum Gay Lussac

Hukum Gay Lussac Berbunyi Ketika gas dipanaskan didalam sebuah tabung yang volumenya tidak berubah, maka tekanan gas didalam tabung sebanding dengan suhu mutlaknya. Persamaan Hukum Gay Lussac adalah:

p1/T1 = p2/T2

Hukum Boyle-Gay Lussac

Hukum ini merupakan gabungan antara hukum Boyle dan Hukum Gay Lussac. Persamaan nya adalah:

(p1V1)/T1 = (p2V2)/T2

Keterangan:

p1 = Tekanan mutlak awal gas dalam Ruang (Pa) P2 = Tekanan mutlak akhir gas dalam ruang (Pa) V1 = Volume awal gas dalam ruang (m3) V2 = Volume akhir gas dalam ruang (m3) T1 = Suhu mutlak awal gas dalam ruang (K) T2 = Suhu mutlak akhir gas dalam ruang (K)

Proses Termodinamika

Proses Isokhorik

Proses Isokhorik merupakan proses yang terjadi pada volume konstan. Pada proses isokhorik, panas yang diberikan pada sistem digunakan untuk menaikkan energi dalam. Usaha bernilai nol. Persamaan Umum Proses Isokhorik adalah:

ΔU = U2 - U1 = Q

Proses Isobarik

Proses ini merupakan proses termodinamika pada tekanan konstan. Usaha pada Proses ini dituliskan sebagai berikut:

W = p(V2 - V1)

Proses Isotermik

Proses Isotermik merupakan proses perubahan keadaan gas pada suhu konstan. oleh karena suhu konstan, energi dalamnya bernilai tetap.

Proses Adiabatik

Proses adiabatik merupakan proses yang berlangsung tanpa ada perpindahan panas dari sistem ke lingkungannya. Proses ini juga tidak menerima panas dari lingkungannya.

Persamaan Umum Gas Ideal Pada Proses Termodinamika - Nah, Inilah yang dapat ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Pada pertemua kali ini, kita bahas materinya terlebih dahulu ya kawan - kawan. Besok ilmu sains online akan membahas contoh soalnya. Jika menurut kalian artikel diatas membantu, Maka bisa di Share keteman - teman kalian yang lain. Sekian dulu Materi yang dapat ilmu sains online berikan. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Persamaan Umum Gas Ideal Pada Proses Termodinamika -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment