Ulasan Cara Menentukan Laju Reaksi Beserta Contohnya -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Menentukan Laju Reaksi Beserta Contohnya - Artikel ini berisi tentang pengertian laju reaksi, cara menentukan laju reaksi, rumus laju reaksi, serta Pengertian orde reaksi. Pada pertemuan kita kali ini, Ilmu sains online akan membahas tentang Bagaimana cara menentukan laju reaksi. Biasanya didalam sebuah soal, kita dituntut untuk dapat menghitung laju reaksi pada suhu, volume dan waktu tertentu. Nah, perhatikan dengan baik materi berikut ini.

Cara Menentukan Laju Reaksi Beserta Contohnya Google Image - Cara Menentukan Laju Reaksi Beserta Contohnya

Dalam materi kelas x SMA, kita belajar tentang laju reaksi dan orde reaksi. Apasih pengertian dari laju reaksi dan orde reaksi tersebut? Bagi kalian yang belum mengetahui pengertian dan rumus laju reaksi, ada baiknya jika kalian menyimak dengan baik materi yang akan ilmu sains online berikan berikut ini. Langsung saja kita mulai ya kawan.

Pengertian dan Rumus Laju Reaksi

Laju reaksi merupakan suatu laju pengurangan konsentrasi molar salah satu pereaksi atau bertambahnya konsentrasi molar salah satu produk reaksi dalam satu satuan waktu. Untuk mengetahui rumus dari laju reaksi, kalian bisa lihat rumusnya dibawah ini:

v = d[V] / dt

Keterangan:

v = Laju reaksi d[V] = Perubahan Volume dt = Perubahan waktu

Baca Juga: Pengertian Senyawa Karbon, Senyawa Organik dan Anorganik

Laju reaksi dipengaruhi oleh konsentrasi pereaksi bukan dari konsentrasi hasil reaksi. Misal pada reaksi: mA + nB => pC + qD maka, Persamaan laju reaksinya adalah sebagai berikut:

v = k [A]^m[B]^n

Keterangan:

v = Laju reaksi (m/detik) k = Konstanta atau tetapan konsentrasi laju reaksi (L/mol.detik) [A] = Konsentrasi zat A (mol/L) [B] = Konsentrasi zat B (mol/L) m = Orde reaksi terhadap A n = Orde reaksi terhadap B

Pengertian Orde Reaksi

Orde reaksi adalah suatu bilangan pangkat yang menyatakan naiknya laju reaksi akibat naiknya konsentrasi. Penjumlahan tiap - tiap orde reaksi dari pereaksi menghasilkan ore reaksi total. Jika tahap - tahap reaksi diketahui, orde reaksi terhadap tiap - tiap zat adalah koeffisien reaksi tahap yang paling lambat.

Contoh Soal Laju Reaksi

Contoh Soal 1

Sekeping logam seng direaksikan dengan larutan asam sulfat dengan Konsentrasi 2 M dan bereaksi menurut reaksi beikut:

Zn + H2SO4 => ZnSO4 + H2

data yang diperoleh setelah beberapa menit adalah sebagai berikut:

No.   Suhu (C)   Volume Gas H2 (mL)   Waktu (detik)  1.         26                          4                              10  2.         26                          8                              20  3.         26                         12                             30

Laju reaksi pembentukan gas H2 adalah sebesar?

Penyelesaian

Pada Suhu 26 C.

V = dV / dt  V = (8 - 4)/(20 - 10)  V = 4/10 V = 0,40 mL/detik.

Cara Menentukan Laju Reaksi Beserta Contohnya - Nah, inilah yang bisa ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Jika menurut kalian bermanfaat, bisa dishare ke teman - teman lainnya. Semoga ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal ujian. Ilmu sains online akan memberikan berbagai macam materi dan contoh soal lainnya. Untuk itu jangan lupa iuti blog ini ya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Menentukan Laju Reaksi Beserta Contohnya -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment