Ulasan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi - Artikel ini berisi tentang faktor - faktor yang mempengaruhi kinetika reaksi. Pada kesempatan kita hari ini, kita akan membahas materi tentang kinetika suatu reaksi. Kinetika reaksi adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang mekanisme dan laju reaksi. Kinetika suatu reaksi dapat terjadi kareana adanya pergerakan dari suatu molekul sehingga menimbulkan laju reaksi didalam suatu reaksi kimia.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi Google Image - Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi

Pemaparan diatas merupakan sedikit gambaran tentang pengertian dari kinetika reaksi. Namun laju reaksi tersebut dapat berjalan cepat atau berjalan lambat karena adanya faktor - faktor yang mempengaruhinya. Nah, Ilmu sains online akan membahas materi tersebut. Jika kalian belum paham mengenai faktor - faktor yang mempengaruhi kinetika reaksi, Sebaiknya kalian simak materi berikut ini.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi

Kita tahu bahwa kinetika reaksi atau laju reaksi suatu reaksi kimia, dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa laju reaksi tersebut dapat terjadi. Apa sajakah faktor - faktor tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak materinya dibawah ini.

Baca Juga: Cara Menentukan Laju Reaksi Kimia

#Konsentrasi

Semakin besar konsentrasi zat -zat yang bereaksi,(pereaksi), maka reaksinya akan berlangsung cepat. Hal ini dikarenakan laju reaksi berbanding lurus dengan konsentrasi suatu pereaksi.

#Luas permukaan zat

Semakin luas permukaan zat, maka laju reaksi akan semakin cepat.

#Suhu

laju reaksi kimia akan berlangsung lebih cepat pada suhu yang lebih tinggi.

#Katalisator

Katalisator merupakan zat yang ditambahkan kedalam suatu reaksi dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan reaksi. Katalisator mempercepat suatu reaksi kimia dengan cara memberi jalan lain (alternatif reaksi) yang mempunyai energi aktivasi lebih rendah. Energi aktivasi yaitu energi yang harus dimiliki atau diberikan kepada partikel agar tumbukannya menghasilkan reaksi. Dengan ditambahkannya katalis di dalam suatu reaksi, maka laju reaksinya akan semakin cepat.

#Tekanan dan Volume

Peningkatan tekanan akan memperkecil volume. Akibat adanya tekanan, jumlah tumbukan akan menjadi bertambah. volume yang semakin kecil mengakibatkan jarak setiap molekul menjadi lebih berdekatan. Dengan demikian, reaksi akan berlangsung lebih cepat.

#Perlakuan Pengadukan

Akibat adanya pengadukan, reaksi akan berlangsung lebih cepat. Pengadukan dapat memperbesar luas permukaan dan mempercepat terjadinya tumbukan sehingga reaksi akan berlangsung lebih cepat.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi - Nah, inilah yang dapat ilmu sains online berikan pada pertemuan kita kali ini. Saya harap kalian semua membaca artikel diatas sehingga bisa mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan artikel diatas. Jika menurut kalian ini bermanfaat, bisa langsung dishare keteman - teman yang lainnya. Pada pertemuan kita selanjutnya, kita akan membahas contoh soal nya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment