Ulasan Cara Menentukan Kalor Reaksi -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Menentukan Kalor Reaksi - Artikel ini berisi materi tentang Pengertian perubahan entalpi standard, Cara menentukan kalor reaksi, Rumus kalorimeter, Penentuan kalor reaksi berdasarkan hukum hess, penentuan kalor reaksi berdasarkan tabel entalpi pembentukan serta cara menentukan kalor reaksi berdasarkan energi ikatan. Untuk mengetahui hal - hal diatas, simak saja materinya di bawah ini ya kawan - kawan.

Cara Menentukan Kalor Reaksi Google Image - Cara Menentukan Kalor Reaksi

Perubahan entalpi standar merupakan perubahan entalpi yang diukur pada suhu 25 C dan pada tekanan 1 atm. Perubahan entalpi ini dinyatakan dengan notasi ΔH. Ada beberapa macam perubahan entalpi standar salah satunya adalah perubahan entalpi standar sublimasi. Pada pertemuan kita kali ini, Ilmu sains online hanya fokus membahas tentang Cara menentukan kalor reaksi. Untuk itu, simak materinya berikut ini ya.

Cara Menentukan Kalor Reaksi

Perubahan entalpi dapat dilakukan dengan 4 cara. Apa sajakah  cara - cara yang dapat digunakan? Cara - cara tersebut adalah dengan menggunakan kalorimeter, Hukum Hess, Entalpi pembentukan standar dan Energi ikatan. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, langsung saja dibaca materinya berikut ini.

Kalorimeter

Kalorimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat di dalam reaksi kimia. Jumlah kalor yang diserap oleh air, dapat ditentukan dengan mengukur kenaikan suhu di dalam kalorimeter. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

q larutan = m x c x  ΔT 

q kalorimeter = C x ΔT 

Keterangan

q = Jumlah kalor m = Massa air c = Kalor jenis air C = Kapasitas kalor dati kalorimeter ΔT = Kenaikan suhu larutan (di dalam kalorimeter)

Baca Juga: Faktor - faktor yang Mempengaruhi Kinetika Reaksi

Berdasarkan Hukum Hess

Harga ΔH reaksi keseluruhan merupakan penjumlahan ΔH tiap - tiap tahapnya. Rumus yang berlaku jika terjadi tiga tahap reaksi sebagai berikut.

ΔH = ΔH1 + ΔH2 + ΔH3 

Keterangan

ΔH = Perubahan entalpi reaksi keseluruhan ΔH1 = Perubahan entalpi reaksi tahap 1 ΔH2 = Perubahan entalpi reaksi tahap 2 ΔH3 = Perubahan entalpi reaksi tahap 3

Berdasarkan Tabel Entalpi Pembentukan

Perubahan entalpi (ΔH) suatu reaksi dihitung berdasarkan selisih entalpi pembentukan (ΔHf) antara produk dan reaktan. Perumusannya adalah sebagai berikut:

ΔH = ΔHf produk - ΔHf reaktan

Berdasarkan Energi Ikatan

Energi ikatan yaitu energi yang diperlukan untuk memutuskan 1 mol ikatan dari suatu molekul dalam wujud gas. Perubahan entalpi reaksi (ΔHr) dapat dihitung dengan rumus berikut ini:

ΔHr = ∑energi pemutusan ikatan pereaksi - ∑energi pembentukan ikatan produk

Pada pembentukan ΔHr dengan energi ikatan, ikatan - ikatan yang sama antara pereaksi dan produk dapat saling meniadakan.

Cara Menentukan Kalor Reaksi - Nah, inilah yang dapat ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Jika menurut kalian materi diatas bermanfaat, bisa langsung di share keteman - teman lainnya. Hal ini bertujuan agar kalian semua dapat berdiskusi terkait materi diatas. Jangan lupa untuk mengikuti blog Ilmu sains online ya kawan - kawan semua. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Menentukan Kalor Reaksi -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment