Ulasan Pengertian Senyawa Karbon Senyawa Organik Dan Anorganik -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Senyawa Karbon, Senyawa Organik dan Anorganik - Materi ini berisi tentang pengertian senyawa organik, senyawa anorganik, perbedaan antara senyawa organik dan senyawa anorganik. Selain itu, materi ini juga berisi tentang pengertian senyawa karbon, macam - macam senyawa karbon dan pengertiannya. Untuk itu simak materi berikut ini dengan baik ya kawan - kawan.

Pengertian Senyawa Karbon, Senyawa Organik dan Anorganik Google Image - Pengertian Senyawa Karbon, Senyawa Organik dan Anorganik

Senyawa organik adalah suatu senyawa kimia yang berasal dari makhluk hidup yang molekulnya mengandung karbon, sedangkan senyawa anorganik adalah senyawa yang berada pada alam yang pada umumnya menyusun material atau benda tak hidup. untuk mengetahui perbedaannya, berikut ilmu sains online berikan Perbedaan antara Senyawa Organik dengan Senyawa Anorganik.

Perbedaan Senyawa Organik dan Senyawa Anorganik

Senyawa organik dan senyawa anorganik memiliki beberapa perbedaan. Baik dari keberadaannya, waktu bereaksinya, titik didih, jenis ikatan dan sifat senyawanya. Berikut ini adalah Perbedaan Senyawa Organik dan Senyawa Anorganik:

Senyawa OrganikSenyawa AnorganikKebanyakan berasal dari makhluk hidup dan beberapa juga dari hasil sintesis.Berasal dari sumber daya alam mineral.Reaksi berlangsung lambat.Reaksi berlangsung cepat.Titik didih dan titik lebur rendah.Titik didih dan titik lebur tinggi.Lebih mudah larut dalam pelarut nonpolar disbanding pelarut polar.Mudah larut dalam pelarut polar.Berikatan kovalen.Berikatan ionic.Senyawanya tidak tahan terhadap pemanasan.Senyawanya tahan terhadap pemanasan.Umumnya bersifat nonelektrolit atau tidak menghantarkan arus listrik.Bersifat elektrolit.Mudah terbakar.Tidak mudah terbakar.Gas hasil pembakaran dapat mengeruhkan air kapur.

Contoh senyawanya: CH4, C2H5OH.Contoh senyawanya: NaF, NaCl, Nal.

Setelah membahas perbedaan senyawa organik dan senyawa anorganik, setelah ini kita akan bahas mengenai senyawa karbon. Senyawa Karbon adalah senyawa yang penyusunnya adalah terdiri dari unsur - unsur organik seperti C, H, O, N, S, P. Terdapat beberapa senyawa karbon diantaranya adalah:

1. Alkana 2. Alkena 3. Alkuna

Baca Juga: Sifat dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap

Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Alkana

Alkana merupakan senyawa hidrokarbon dengan ikatan tunggal. Rumus umus alkana adalah CnH2n+2. Penamaan senyawa alkana adalah sebagai berikut:

1). Jika rantai lurus Nama alkana sesuai dengan atom C dan diberi akhiran "-ana".

2). Jika rantai bercabang a. Rantai utama(rantai C yang terpanjang) sebagai nama yang berakhiran -ana. b. Rantai cabang sebagai gugus alkil yang berakhiran dengan "-il". c. Penomoran dimulai dari atom C yang terdekat dari cabang. d. Nomor cabang ditulis terlebih dahulu kemudian penulisan rantai cabang mengikuti rantai utama.

Contoh:

2. Alkena

Alkena merupakan senyawa hidrokarbon dengan ikatan rangkap dua. Rumus umum Alkena adalah CnH2n. Penamaan Senyawa alkena adalah sebagai berikut:

a. Berakhiran dengan kata "-ena". b. Rantai utama terdapat pada rantai terpanjang yang memiliki ikatan rangkap dua. c. Penomoran mulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap. d. Penulisan cabang sama dengan alkana.

Contoh:

3. Alkuna

Alkuna merupakan senyawa hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap tiga. Rumus umum alkuna adalah CnH2n-2. Aturan penamaan alkuna sama dengan aturan penamaan alkena dengan mengganti akhiran menjadi "-una". 

Pengertian Senyawa Karbon, Senyawa Organik dan Anorganik - Nah, inilah yang bisa ilmu sains online berikan kepada kalian semua. Semoga bisa membantu kalian untuk mengerjakan beberapa soal. Jika menurut kalian ini bermanfaat, Bisa langsung dishare kepada kawan - kawan yang lain. Pada pertemuan selanjutnya, kita akan membahas contoh soal yang berkaiatan dengan materi diatas. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Senyawa Karbon Senyawa Organik Dan Anorganik -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment