Ulasan Sifat Dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Sifat dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap - Artikel ini berisi materi tentang Sifat dari Larutan Penyangga, Fungsi Larutan Penyangga, Rumus - rumus Larutan Penyangga, Rumus pH Serta Pengertian Larutan Penyangga. Pada Postingan kita kali ini, Ilmu sains online akan membahas tentang larutan Penyangga. Kalian pasti sudah belajar tentang larutan penyangga bukan? Jika belum atau belum paham, Simak materi berikut ini.

Sifat dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap Google Image - Sifat dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap

Larutan Penyangga merupakan materi yang kita jumpai didalam materi kimia kelas x. Pada kesempatan kali ini ilmu sains online berkesempatan untuk memposting materi tentang larutan penyangga. Jika kalian belum terlalu paham, Lebih baik membaca dengan cermat materi berikut ini. karena larutan penyangga merupakan materi yang akan keluar pada ujian nasional.

Sifat dan Rumus Larutan Penyangga

Larutan Penyangga atau bisa juga disebut dengan larutan buffer merupakan larutan yang mampu mempertahankan pH mesakipun ditambah sedikit asam, basa, ataupun air. Larutan penyangga dibagi menjadi dua yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa. Berikut ini adalah rumus Larutan Penyangga.

Rumus Larutan Penyangga

Penyangga Asam

a. Campuran antara Asam Lemah dan Basa Kuat

[H+] = Ka x [asam lemah] / [garam]

atau

[H+] = Ka x n(asam lemah) / n(garam)

pH = pKa - log [asam lemah] / [garam]

Atau

pH = pKa - log n(asam lemah) / n(garam)

b. Campuran antara Asam Lemah dan Garamnya

[H+] = Ka x [asam lemah] / n x [garam]

n = indeks asam lemah pada garam, misal garamnya adalah BaX2 maka n = 2

Baca Juga: Larutan Elektrolit dan non Elektrolit Penyangga Basa

a. Campuran antara basa lemah dan asam kuat

[OH-] = Kb x [basa lemah] / [garam]

atau

[OH-] = Kb x n(basa lemah) / n(garam)

pOH = pKb - log [basa lemah] / [garam]

Atau

pH = pKb - log n(basa lemah) / n(garam)

b. Campuran Basa Lemah dan Garamnya

[OH-] = Kb x [basa lemah] / n x [garam]

n = indeks basa lemah pada garam, misal garamnya adalah L2SO4 maka n = 2

Fungsi Larutan Penyangga 

a. Didalam tubuh, Larutan penyangga berfungsi untuk menjaga pH darah dan cairan intrasel. Sistem penyangga yang digunakan untuk menjaga pH darah adalah penyangga karbonat sedangkan sistem penyangga yang digunakan untuk menjaga pH cairan intra sel adalah penyangga pospat.

b. dalam kehidupan sehari - hari, larutan penyangga digunakan untuk menjaga pH dalam makanan kaleng agar tidak mudah rusak oleh bakteri.

Sifat dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap - nah, inilah materi tentang sifat dan larutan Penyangga yang bisa ilmu sains online berikan untuk kalian. Jika menurut kalian ini bermanfaat, Bisa di share ke teman - teman yang lain. Agar kalian semua bisa bertukar pikiran dan bisa mendapatkan solusi dari soal - soal yang akan keluar diujian. Pada kesempatan berikutnya, ilmu sains online akan membahas contoh soal yang berkaitan dengan materi diatas. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Sifat Dan Rumus Larutan Penyangga Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment