Ulasan Pengertian Contoh Soal Dan Rumus - Rumus Bangun Datar -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar - Selamat pagi adik – adik semua, semoga kalian semua tetap semangat untuk terus menatap masa depan yang cemerlang. Pada kesempatan kali ini, kakak akan memberikan sedikit materi tentang Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar. Pasti adik – adik semua sudah pernah mempelajarinya bukan? Jika sudah, itu artinya kalian semua sudah sedikit paham.

Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar Google Image - Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar

Langsung saja kita masuk ke materi inti kita pada pagi hari ini. Bangun Datar merupakan sebuah bangun yang tidak memiliki ruang atau tidak memiliki volume. Bangun datar itu sendiri terdiri dari persegi, persegi panjang, segitiga, trapezium, jajargenjang, lingkaran, belah ketupat, dan layang – layang.

Rumus – Rumus Bangun Datar

Pada table yang kakak berikan dibawah ini terdapat semua jenis bangun datar beserta penjelasan rumusnya. Kalian hanya perlu mempelajarinya dan paham isinya. Saran kakak jangan menghafal, pahami saja rumusnya dan banyak – banyak mengerjakan soal latihan.

Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar Google Image - Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar

Contoh Soal Bangun Datar dan Pembahasannya

1. Sebidang tanah milik pak harto berbentuk persegi panjang, dimana panjangnya 78m dan lebarnya 45m. berapakah luas dan keliling tanah pak harto?

Penyelesaian

Diketahui P = 78m L = 45m

Ditanya a. Luas b. Keliling

Jawab:

a. Luas Persegi panjang = P x L = 78 x 45 = 3510m2. b. Keliling = (2 x P) + (2 x L) = (2 x 78) + (2 x 45) = (156) + (90) = 246m.

2. Luas tanah pak toni yang berbentuk persegi adalah 900m2. Berapakah keliling tanah pak toni tersebut.

Penyelesaian

Diketahui L = 900m2

Ditanya Keliling?

Jawab:

L = S x S = S2 900 = S2 S = √900 = 30m

Keliling Persegi = 4S = 4(30) = 120m

3. Sebuah taman yang bentuknya menyerupai lingkaran ingin dibangun ditengah kota. Jika jari – jari lingkaran taman tersebut sebesar 49m, maka luas taman yang berbentuk lingkaran tersebut adalah?

Penyelesaian

Diketahui r = 49m Π = 3,14

Ditanya L = ?

Jawab:

L = πr2 L = 3,14 x 492 L = 3,14 x 2401 L = 7539,14m2.

Pengertian, Contoh Soal dan Rumus - Rumus Bangun Datar - Inilah yang dapat kakak sampaikan, jangan pernah lupa untuk belajar yaa. Karena dengan belajar kita bias mengerjakan soal – soal dengan baik dan benar. Jika kalian semua sudah paham dengan materi yang telah kakak sampaikan, mudah – mudahan kalian bias mengikuti materi – materi selanjutnya dengan baik. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Contoh Soal Dan Rumus - Rumus Bangun Datar -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment