Ulasan Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X - Selamat sore kawan - kawan semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada hari ini, kita akan membahas materi tentang fisika lagi nih. Kalian pasti suka bukan dengan pelajaran fisika. Kita akan membahas materi tentan Gerak Lurus. Ada yang sudah tahu apa itu gerak lurus? Jika belum. simak saja materi berikut ini ya. mudah kok untuk belajar tentang materi Fisika kelas x (10).

Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X Google Image - Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X

Gerak Lurus merupakan materi kelas x. Materi tersebut berhubungan dengan gerak lurus parabola, GLBB atau gerak lurus berubah beraturan, dan masih banyak lagi yang akan kita pelajari. Nah pada kesempatan kita hari ini, Kita akan membahas tentang Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas x. Yuk kita simak materinya berikut ini.

Materi Gerak Lurus Fisika Kelas x

Pengertian Gerak Lurus

Gerak adalah suatu perubahan posisi atau kedudukan suatu benda terhadap keadaan sekitarnya. Suatu benda dikatakan begerak atau melakukan gerakan jika telah berubah dari posisi awal ke posisi akhirnya. Itu artinya terdapat beda posisi dan jarak antara tempat awal ke posisi akhir benda tersebut. Dalam materi fisika kelas x, jenis gerak dari suatu benda ditentukan oeh suatu benda yaitu:

a. Jika lintasannya merupakan sebuah garis lurus, maka gerakannya disebut dengan gerak lurus. b. Jika lintasannya berupa lingkaran, maka gerakannya disebut dengan gerak melingkar. c. Jika lintasannya merupakan sebuah parabola, maka gerakannya merupakan disebut gerak parabola.

Kita tahu bahwa suatu benda dikatakan begerak apabila benda tersebut Mengalami perpindahan,memiliki kelajuan,mempunyai kecepatan, dan memiliki percepatan. kita akan bahas itu semua disini. Yuk simak materinya berikut ini.

1. Perpindahan

Kedudukan suatu benda atau titik pada umumnya ditentukan oleh sebuah garis koordinat yang biasanya kita kenal dengan sumbu x, dimana garis koordinat tersebut telah ditentukan oleh suatu titik yang digunakan sebagai titik awal atau titik acuan.

Perpindahan merupakan Pergerakan atau perpindahan suatu benda dari kedudukan satu kekedudukan lainnya. Nilai perpindahan suatu benda tergantung pada arah gerakannya. Maksudnya adalah:

a. Apabila perpindahan suatu benda kearah kanan, maka pergerakan tersebut bernilai positif. b. Apabila perpindahan suatu benda kearah kiri, maka pergerakan tersebut akan bernilai negatif.

2. Kelajuan

Kelajuan Merupakan suatu besaran skalar yang hanya ditentukan oleh besarnya saja namun tidak bergantung pada arah geraknya (baik gerak kekiri yang bernilai negatif ataupun kekanan yang bernilai positif). Jadi kelajuan suatu benda hanya ditentukan oleh jarak perpindahan benda tersebut dan waktu yang ditempuh. 

3. Kecepatan

Kecepatan adalah suatu besaran vektor yang memiliki nilai dan arah. berbeda dengan kelajuan. jika kelajuan tidak dipengaruhi oleh arah dan hanya memiliki besaran, sedangkan kecepatan memiliki nilai dan arah. Kecepatan dibedakan menjadi kecepatan rata - rata dan kecepatan sesaat. Apasih kecepatan rata - rata dan kecepatan sesaat? Yuk kita simak berikut ini.

a. Kecepatan rata - rata merupakan perbandingan antara jumlah jarak yang ditempuh dengan waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut tanpa memperhatikan jenis gerakan yang dilakukan. Sedangkan,

b. Kecepatan Sesaat merupakan kecepatan benda pada suatu saat tertentu pada suatu titik yang dilintasinya. kecepatan sesaat bisa diartikan juga dengan kecepatan yang diperoleh jika selang waktu diperkecil sehingga titik perpindahan menjadi kecil jaraknya sedangkan harga perbandingan antara jarak yang ditempuh dan waktu yang diperlukan mendekati suatu limit harga batas yang sangat kecil.

4. Percepatan (akselerasi)

suatu benda dikatakan mengalami percepatan atau akselerasi adalah jika kecepatannya tidak tetap. Percepatan atau akselerasi adalah suatu besaran vektor dimana selain ditentukan oleh nilai percepatannya juga ditentukan oleh arah perpindahannya. Biasanya percepatan ini diartikan juga dengan perubahan kecepatan per satuan waktu.

Didalam fisika kelas x, percepatan dibagi menjadi 3 yaitu:

a. Percepatan rata - rata, Merupakan perbandingan antara perubahan kecepatan dengan waktu yang berselang.

b. Percepatan tetap, percepatan ini terjadi jika kecepatan bertambah dengan jumlah yang sama selama selang waktu yang sama.

c. Percepatan sesaat merupakan percepatan suatu benda pada suatu saat pada titik tertentu dalam suatu lintasan.

Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X - Nah, inilah yang dapat ilmu sains online berikan kepada kawan - kawan semua. Semoga materi diatas dapat membantu kalian semua untuk mengerjakan contoh - contoh soal. Besok kita akan membahas tentang rumus - rumus dari gerak ya kawan. Untuk itu, terus ikuti materi - materi yang akan ilmu sains online berikan. Terimakasih dan jika menurut kalian ini merupakan informasi penting jangan lupa dishare ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment