Ulasan Contoh Soal Dan Pembahasan Besaran Vektor -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor - Selamat pagi nih teman - teman semua. Pada pagi hari ini, kita akan membahas materi fisika lagi nih. Hari ini, kita akan membahas mengenai contoh soal dan pembahasan besaran vektor. Ada yang belum tahu apa sih yang dimaksud dengan besaran vektor serta Rumus - rumusnya? Jika belum tahu, sebaiknya baca terlebih dahulu materi tentang Rumus Penjumlahan dan pengurangan Besaran Vektor. Langsung saja yuk diperhatikan dengan baik contoh soalnya berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor Google Image - Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor

Contoh Soal dan Pembahasan materi Vektor fisika kelas 10 SMA. mempelajari fisika sangat menyenangkan kok. sebab masih berkaitan dengan kehidupan sehari - hari. Contohnya saja pembahasan kita pada hari ini, mengenai vektor. Kita bisa mengetahui jarak tempuh menggunakan rumus vektor, itu merupakan salah satu pengaplikasian dari materi fisika. Oleh karena itu tidak akan sia - sia jika kita belajar Fisika. Kuy simak Contoh soalnya berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor Kela 10 SMA

Contoh Soal 1

Dua buah vektor yang masing - masing besarnya adalah 3 satuan dan 2 satuan membentuk sudut 60. Berapakah resultan dua buah vektor tersebut serta selisih diantara keduanya?

Jawab

Rumus umum Resultan adalah:

Langsung saja kita masukkan angkanya:

R =  (2)2 + (3)2 + 2(2)(3) cos 60 R =  4 + 9 + 12 (1/2) R =  13 + 6 R =  19

Untuk mengetahui Selisihnya, gunakan rumus berikut ini:

R =  (2)2 + (3)2 - 2(2)(3) cos 60 R =  4 + 9 - 12 (1/2) R =  13 - 6 R =  7

Contoh Soal 2

Sebuah perahu ingin melintasi sungai yang lebarnya 125m. Perahu tersebut begerak dengan kecepatan 3m/s tegak lurus terhadap arus sungai yang memiliki kecepatan 3m/s. Berapakah jarak tempuh perahu sampai ke sebrang?

Jawab

Diketahui:

Vp = 3m/s Vs = 3m/s x = 125m2

Karena perahu bergerak tegak lurus terhadap aliran sungai, maka akan membentuk sudut 90. dengan begitu Panjang resultannya atau kecepatan resultannya dapat dicari menggunakan rumus Phytagoras berikut ini:

Vr =  3^2 + 3^2 Vr =  9 + 9 Vr =  18 Vr =  9 x  2 Vr = 3 2

Setelah mendapatkan kecepatan resultannya, kita dapat mengetahui sudut yang tebentuk antara resultan dengan vektor sungai:

Vs = Vr sin a Sin a = Vs/Vr Sin a = 3/3 2 a = 4

Barulah kita mencari jarak perahu ke sebrang sungai dengan cara berikut ini:

Sin a = x / s 3/3 2 = 125/s s = 176m.

Contoh Soal 3

Dua buah vektor, vektor A dan vektor B memiliki resultan sebesar 100 dengan sudut 60. Vektor - vektor tersebut berada didalam sumbu x dan sumbu y dimana A pada sumbu x dan B berada pada sumbu y. Berapakah Vektor keduanya?

Jawab

a. Vektor searah sumbu x (Vx)

Vx = V cos a Vx = 100 cos 60 Vx = 100 (1/2) Vx = 50

b. Vektor searah sumbu y (Vy)

Vy = V sin a Vy = 100 sin 60 Vy = 100 (0.86) Vy = 86

Jadi gaya A dan B berturut - turut adalah 50 dan 86.

Contoh Soal dan Pembahasan Besaran Vektor - Mudah bukan untuk memahami contoh soal diatas. Semoga materi diatas bermanfaat untuk kalian semua. Ilmu sains online akan memberikan materi terbaru untuk kalian semua besok. Jika menurut kalian materi diatas bermanfaat, di share ya kawan - kawan ku. ilmu sains online selalu mengingatkan kepada kalian semua agar rajin belajar, Supaya kalian semua tidak merasa kesulitan jika menemukan soal - soal. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Contoh Soal Dan Pembahasan Besaran Vektor -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment