Ulasan Rumus Dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika - Pada hari ini, ilmu sains online akan membahas materi tentang gerak melingkar. Didalam ilmu fisika, kita mengenal beberapa jenis gerak dan salah satunya adalah gerak melingkar. Pada hari ini, kita akan membahas pengertian serta rumus – rumus yang berkaitan dengan gerak melingkar. Apakah kalian sudah paham mengenai gerak melingkar itu? Jika belum, jangan lewatkan materinya berikut ini ya.

Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika Google Image - Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika

Didalam materi gerak melingkar, kita akan mempelajari tentang kecepatan linier dan kecepatan angular, frekuensi dan periode, gaya sentrifugal dan gaya sentripetal. Nah, ilmu sains online akan membahas semua yang telah disebutkan diatas. Untuk itu, adik – adik semua perhatikan dengan baik ya materinya. Yuk langsung simak materinya berikut ini.

Rumus dan Pembahasan Gerak Melingkar Fisika Kelas X

Pengertian Gerak Melingkar Beraturan

Gerak melingkar beraturan adalah suatu gerakan yang menempuh lintasan berbentuk lingkaran dengan besar kecepatan linier yang tetap, tetapi vector kecepatannya berubah. Agar mudah diingat, jika lintasannya berupa lingkaran dan kecepatan yang tetap serta percepatan yang arahnya menuju titik pusat itu dinamakan dengan gerak melingkar beraturan.

Baca juga: Rumus Dan Pembahasan Gerak Parabola Fisika

Rumus Dan Pembahasan Kecepatan Linear Dan Angular

Kecepatan linier (v) adalah kecepatan yang arahnya selalu menyinggung lintasannya dan selalu tegak lurus terhadap jari – jari lintasannya. Rumus umum kecepatan linear adalah:

V = 2.π.R / T

Dimana: V = kecepatan linier (m/s) R = jari – jari lingkaran (m) T = Periode (s)

Kecepatan angular (w) adalah kecepatan yang selalu berimpit dengan lintasannya dan tergantung kepada jari – jari lintasannya. Kecepatan angular biasanya juga disebut dengan kecepatan sudut. Rumus umum kecepatan sudut adalah sebagai berikut:

w = 2.π / T

Dimana: w = kecepatan sudut (rad/s) T = Periode (s)

Rumus dan Pembahasan Frekuensi dan Periode

Frekuensi (f) merupakan banyaknya putaran yang dilakukan oleh suatu benda dalam satu detik. Sedangkan Periode (T) adalah waktu yang dibutuhkan oleh suatu benda untuk dapat mengelilingi satu lingkaran penuh. Rumus umum frekuensi dan periode adalah:

F = 1/T dan T = 1/f

Dimana: T = Periode (s) F = Frekuensi (hertz)

Rumus dan Pembahasan Percepatan dan gaya sentripetal

Percepatan sentripetal merupakan percepatan yang arahnya selalu menuju titik pusat lingkaran. Fungsi dari percepatan sentripetal adalah untuk mengubah arah kecepatan benda sehingga tetap mengikutilintasan berupa lingkaran. Rumus umum percepatan sentripetal adalah:

as = v2 / R

Dimana: As = percepatan sentripetal (m/s2) V = kecepatan linier (m/s) R = jari – jari lingkaran (m)

Sedangkan gaya sentripetal adalah gaya yang menyebabkan timbulnya percepatan sentripetal dimana gaya sentripetal ini memiliki arah yang searah dengan percepatan sentripetal. Rumus umum gaya sentripetal adalah:

Fs = m.As

Rumus dan Pembahasan Percepatan dan Gaya Sentrifugal

Kebalikan dari percepatan sentripetal, percepatan sentrifugal adalah percepatan yang arahnya keluar atau menjauhi titik pusat lingkaran. Sedangkan gaya sentrifugal adalah gaya yang menimbulkan percepatan sentrifugal yang memiliki arah yang sama dengan percepatan sentrifugal. Rumus umum gaya sentrifugal adalah sebagai berikut:

Fsf = m.v2 / R

Dimana: Fsf = gaya sentrifugal  M = massa benda V = kecepatan benda R = jari – jari lingkaran

Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika - Nah, inilah yang bisa ilmu sains online berikan pada hari ini. Jika menurut kalian ini bermanfaat, bisa dishare kepada kawan – kawan yang lain. Ikuti blog ini ya. Besok kita akan bahas materi yang lebih menarik dan tentunya bermanfaat untuk kalian semua. Saya berpesan kepada kalian semua untuk rajin dalam belajar ya. Terimakasih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Rumus Dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment