Ulasan Rumus Serta Pembahasan Perpindahan Kalor Dan Pemuaian -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Rumus serta Pembahasan Perpindahan Kalor dan Pemuaian - Artikel ini membahas tentang Rumus Kalor (Q), Rumus Perpindahan Kalor, Macam - macam Perpindahan Kalor, Pengertian dan Rumus Konduksi, Pengertian dan Rumus Konveksi, Pengertian dan Rumus Radiasi, Rumus Pemuaian baik zat cair, zat padat dan gas. Apakah kalian semua sudah mengetahui itu semua? Jika belum jangan khawatir, Ilmu sains online akan membahas secara tuntas untuk kalian semua.

Rumus serta Pembahasan Perpindahan Kalor dan Pemuaian Google Image - Rumus serta Pembahasan Perpindahan Kalor dan Pemuaian

Berbicara mengenai Kalor, Berarti kita juga harus paham mengenai Asas Black. Asas Black merupakan Suatu hukum yang menyatakan bahwa Besar kalor yang diserap berbanding lurus dengan massa benda, kalor jenis benda, dan perubahan suhu. Selain itu juga, Asas black menyatakan tentang Hukum Kekekalan Energi Kalor yang berbunyi "Pada pencampuran dua zat, banyak kalor yang dilepas zat bersuhu tinggi sama dengan banyak kalor yang diterima zat bersuhu rendah". Langsung saja kita ke bahasan Lengkapnya berikut ini.

Rumus dan Pembahasan Kalor, Perpindahan Kalor, Pemuaian Fisika Lengkap

1. Rumus Kalor

Q = m c ΔT

Keterangan:

Q = Besar kalor yang diserap atau dilepas (J) m = Massa benda (kg) c = Kalor jenis benda (J/kg C) ΔT = Perubahan suhu (C)

Baca Juga: Rumus dan Pembahasan tentang Fluida Dinamik

Hukum Kekekalan Energi Kalor:

Qserap = Qlepas

2. Macam - macam Perpindahan Kalor

Perpindahan Kalor dibagi menjadi 3 yaitu:

a. Konduksi

Konduksi adalah Perpindahan kalor yang tidak disertai dengan perpindahan partikel zat penghantarnya. Besar kalor yang menghambat setiap detik dapat kita lihat pada Rumus Konduksi berikut ini:

H = Q/t = kA (ΔT/L)

Keterangan:

H = Besar kalor yang menghambat setiap detik (J/s) k = Konduktivitas termal (W/m K) A = Luas penampang (m2) L = Panjang penghantar (m)

b. Konveksi

Konveksi adalah Perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan pertikel - partikel zat. Besar kalor yang menghambat setiap detik dapat dihitung menggunakan Rumus Konveksi berikut ini:

H = Q/t = hAΔT

Keterangan:

h = Koefisien konveksi (J/s m2 K) A = Luas permukaan (m2)

c. Radiasi

Radiasi adalah Perpindahan kalor dengan cara benda memancarkan panas dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Untuk mengetahui laju perpindahan kalor, dapat dihitung menggunakan Rumus Radiasi berikut ini:

W = eσ A T^4 Q/t = eσ A T^4

Keterangan:

W = Laju perpindahan kalor (kal/s) σ = Konstanta Steven-Boltzmann e = Emitivitas bahan A = Luas permukaan (m2)

3. Rumus Pemuaian Zat

a. Pemuaian Pada Zat Padat

Pemuaian Panjang

Lt = Lo(1 + αΔT)

Pemuaian Luas

At = Ao(1 + βΔT) β = 2α

Pemuaian Volume

Vt = Vo(1 + γΔT) γ = 3α

b. Pemuaian Zat Cair

Vt = Vo(1 + γΔT)

c. Pemuaian Gas

Vt = Vo(1 + γpΔT)

Keterangan:

Lt = Panjang setelah dipanaskan (m) Lo = Panjang mula - mula (m) At = Luas setelah dipanaskan (m2) Ao = Luas mula - mula (m2) Vt = Volume setelah Dipanaskan (m3) Vo = Volume mula - mula (m3) α = Koefisien muai Panjang β = Koefisien muai luas  γ = Koefisien muai volume

Rumus serta Pembahasan Perpindahan Kalor dan Pemuaian - Nah, inilah yang dapat ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Jika menurut kalian ini bermanfaat, bisa dishare ke teman - teman yang lain agar bisa bertukar pikiran dan bisa bekerja sama. Pada pertemuan berikutnya kita akan membahas contoh soal yang berkaitan dengan artikel diatas. Ilmu sains online pamit dulu. terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Rumus Serta Pembahasan Perpindahan Kalor Dan Pemuaian -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment