Ulasan Pengertian Macam - Macam Dan Contoh Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat - Selamat pagi, pada hari ini, saya akan memberikan sedikit wawasan kepada kalian semua khususnya yang masih berada dibangku sekolah dasar. Pada kesempatak kali ini, saya akan memberikan materi tentang Operasi Bilangan Bulat. Adik – adik semua tentu sudah paham bukan bagaimana cara pengoprasian bilangan bulat itu? Jika belum paham, ikuti saja materi berikut ini.

Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Google Image - Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat

Operasi bilangan bulat merupakan cara untuk menyelesaikan perhitungan baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian bilangan bulat. Ada yang harus adik – adik ketahui bahwa dalam operasi bilangan bulat terdapat beberapa tanda yaitu negatif ( - ) dan tanda positif ( + ). Untuk bagaimana cara pengoperasiannya marilah kita masuk ke materi inti kita pada pagi hari ini.

Operasi Hitung Bilangan Bulat

1. Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Untuk penjumlahan dan pengurangan itu sangat mudah sekali. Yang harus kalian perhatikan adalah:

a. Apabila tanda keduanya sama, maka tanda hasil penjumlahan juga sama b. Apabila tanda keduanya berbea, maka tanda hasil penjumlahan mengikuti tanda milik angka yang besar.

Contoh:

1. 24 + 38 = 62 ( tandanya sama – sama + ). 2. -22 + -33 = - 55 ( tandanya sama – sama - ). 3. 46 – (-32) = 78 ( tandanya berbeda, tanda hasilnya sama dengan tanda yang dimiliki oleh angka yang lebih besar). 4. -86 + 40 = -46 ( tandanya berbeda, tanda hasilnya sama dengan tanda yang dimiliki oleh angka yang lebih besar).

2. Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

Dalam operasi hitung perkalian dan pembagian, terdapat aturan sebagai berikut. Untuk tanda:

(+) x (+) = + (+) x (-) = - (-) x (-) = + (-) x (+) = -

3. Operasi Hitung Campuran pada Bilangan Bulat

Untuk mengerjakan operasi hitung campuran ini hal yang harus kalian perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Kerjakan terlebih dahulu operasi perhitungan yang ada didalam tanda kurung 2. Apabila dalam soal terdapat operasi perkalian dan pembagian, kerjakan terlebih dahulu operasi perhitungan yang terdapat di paling depan atau sebelah kiri. 3. Selesaikan operasi perkalian dan pembagian sebelum operasi penjumlahan dan pengurangan.

Contoh:

1. (-32 x 2) + 30 – (15 : 3) = (-64) + 30 – (5) = (-34) – 5 = -39

2. 5 x (40 – 30) : (25 + 25) x 2 = 5 x (10) : (50) x 2 = 50 : 100 = 0,5

3. (-75) : 5 + (-20) x 3 = (-15) + (-60) = -75

Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat - Nah, inilah materi yang bisa saya sampaikan, saya harap kalian semua bias mengambil ilmu dari apa yang telah saya berikan ini. Saya berpesan kepada kalian semua agar selalu giat dalam belajar. Karena dengan belajar kalian semua dapat dengan mudah mengerjakan soal – soal yang akan diberikan oleh guru kalian. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Macam - Macam Dan Contoh Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment