Ulasan Pengertian Jenis - Jenis Ikatan Kimia Serta Contohnya Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap - Selamat pagi semua, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online nih. Semoga di pagi hari ini semangat kalian untuk belajar masih tinggi ya. Nah, dikesempatan saya pada hari ini, kita akan membahas materi baru yaitu pengertian, jenis – jenis ikatan kimia beserta contohnya. Kalian semua pasti sudah pernah belajar bukan tentang ikatan kimia? Jika sudah, tidak ada salahnya jika kalian membaca artikel yang akan saya begikan ini.

Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap Google Image - Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap

Sebelum kita masuk ke materi inti kita pada pagi hari ini, kalian harus mengetahui pengertian ikatan kimia itu sendiri. Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena saya akan membahas semua yang berkaitan dengan ikatan kimia. Sekilas, ikatan kimia merupakan dua atom yang saling bertukar elektron. Untuk lebih jelasnya, bacalah materi dibawah ini dengan cermat ya teman – teman.

Pengertian Ikatan Kimia dan Contohnya

Ikatan kimia merupakan dua molekul atau lebih yang saling berikatan dengan cara:
  • ·        Salah satu molekul melepas elektron, dan molekul lainnya menerima elektron.
  • ·        Penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari masing – masing atom yang berikatan.
  • ·        Penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah satu pasangan elektron yang berikatan.

Tujuan terjadi ikatan adalah untuk mencapai kesetabilan dari suatu atom tersebut. Tandanya suatu atom itu stabil adalah jika elektron valensinya 2 atau 8. Sebelum kalian belajar ikatan kimia, kalian harus mengetahui konfigurasi elektron terlebih dahulu. Klik saja Disini untuk mengetahui konfigurasi elektron.

Contoh ikatan kimia adalah: Na+ + Cl- à NaCl

Konfigurasi electron: 11Na+ = 2, 8, 1 elektron valensi= 1, untuk menjadi 8, maka dia akan melepas 1 elektronya. 17Cl- = 2, 8, 7 elektron valensinya = 7, dia akan menerima 1 elektron yang diberikan oleh Na+.

Jenis – jenis Ikatan kimia serta contohnya

1.      Ikatan Ion Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap Google Image - Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap
Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk karena adanya gaya tarik menarik elektro statis antara ion ositif dan ion negatif.ikatn ini terjadi antara unsur logam dan unur nonlogam. Senyawa yang berikatan ion disebut dengan senyawa ionik. Ciri – ciri senyawaionik yaitu: a.       Mempunyai titik didih dan titik leleh tinggi; b.      Pada suhu kamar berbentuk padat; c.       Dalam keadaan murni bersifat konduktor.

Contoh ikatan ion antara lain: NaCl, NaF, KI dan lain – lain.

2.      Ikatan Kovalen Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap Google Image - Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap
Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom yang saling berikatan. Ikatan ini terjadi antara unsur nonlogam dengan unsur nonlogam. Senyawa yang berikatan kovalen disebut senyawa kovalen. Ciri – ciri senyawa kovalen yaitu: a.       Dalam keadaan murni bersifat isolator; b.      Mempunyai 3 wujud yaitu padat, cair, dan gas; c.       Mempunyai titik didih dan titik leleh rendah.

Contoh ikatan kovalen yaitu: NH3, CH4, PCl5, dan lain – lain.

3.      Ikatan Hidrogen Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap Google Image - Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap
Ikatan hidrogen terjadi antara molekul – molekul yang sangat polar dan mengandung atom hidrogen. Ikatan hidrogen meliputi ikatan F-H, O-H, dan N-H. atom H dari molekul terikat kuat pada atom yang sangat elektronegatif (F, O, dan N).

Contoh ikatan hidrogen adalah: HF, OH, dan NH.

Pengertian, Jenis - Jenis Ikatan Kimia serta Contohnya Lengkap - Nah, inilah bekal kita pada pagi hari ini untuk menyambut hari baru. Semoga kalian semangat dalam belajar. Jika kalian bingung, jangan pernah ragu untuk bertanya. Jika kalian malu untuk bertanya maka akan sesat dijalan. Saya harap kalian semua bisa menyerap materi yang telah saya berikan. Jangan lupa follow blog ini ya teman. Terimakasih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Jenis - Jenis Ikatan Kimia Serta Contohnya Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment