Ulasan Pengertian Konfigurasi Elektron Dan Elektron Valensi -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi - Selamat malam semuanya, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online nih. Gimana hari kalian tadi? Semoga selalu semangat dalam belajar ya. Malam ini, kita akan belajar bersama mengenai konfigurasi elektron nih. Harusnya dari tadi ya kita belajarnya. Tapi tak apalah, yang penting belajar, hehe. Kalian semua sudah pernah mendengar kata konfigurasi elektron bukan? Jangan bilang barusan yaa. Jika baru pertama mendengarnya, tak apa, ayo kita belajar bersama disini.

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Google Image - Pengertian Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi

Sedikit menjelaskan bahwa kofigurasi elektron merupakan cara penulisan pendistribusian elektron dalam orbital – orbital pada kulit utama dan sub kulit. Nah, ini merupakan pendefinisian konfigurasi secara umum. Tentu kalian sudah terbuka bukan fikirannya? Untuk mengetahui macam – macam aturan untuk konfigurasi elektron itu sendiri, simaklah materinya berikut ini.

Pengertian Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi 

Pengertian Konfigurasi Elektron

Kofigurasi elektron merupakan cara kita menyusun elektron – elektron pada sebuah atom, molekul, dan struktur fisik lainnya. Konfigurasi elektron ini harus benar – benar kita pahami kawan, karena ikatan kimia sangat berhungan dengan konfigurasi elektron dan elektron valensi. Apa itu ikatan kimia? baca saja diblog ini. ada kok.

konfigurasi elektron ini memiliki 3 aturan, diantaranya: 1. Pengertian Aturan Aufbau Aturan Aufbau ini berbunyi “Pengisian elektron dimulai dari orbital dengan tingkat energi rendah, ke orbital yang energinya lebih tinggi”. Urutan tingkat energi elektron dari yang rendah ke energi yang leih tinggi yaitu: 1s, 2s, 2p, 3s, 3p, 4s, 3d, 4p, … mengapa bisa demikian? Perhatikanlah gambar dibawah ini:

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Google Image - Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi

2. Pengertian Aturan Larangan Pauli (Prinsip Ekslusi Pauli) Prinsip ini berbunyi “Dalam satu atom tidak boleh ada dua elektron yang memiliki keempat bilangan kuantum sama”. Prhatikanlah gambar dibawah ini:

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Google Image - Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi

3. Pengertian Aturan Hund Aturan ini berbunyi “jika terdapat orbital – orbital dengan energi yang sama, tiap – tiap orbital akan terisi dengan sebuah elektron yang memiliki spin sama (1/2 penuh), sebelum elektron –elektron tersebut berpasangan (penuh)”. Perhatikanlah gambar dibawah ini:

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Google Image - Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi

Pengertian Elektron Valensi

Elektron valensi merupakan elektron yang berada paling luar. Elektron valensi sangat berperan penting dalam masalah ikatan kimia dan reaksi kimia lainnya. Elektron valensi ini ditentukan dari kulit yang paling luar dari konfigurasi elektron suatu molekul, misal: 11Na: 1s2, 2s2, 3p6, 3s1. Artinya EV= 1. Perhatikanlah gambar dibawah ini:

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Google Image - Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi

Pengertian Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi - Nah, inilah yang dapat saya berikan kepada kalian semua, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang sudah membacanya. Saya berharap kalian semua bisa mengambil atau menyerap materi yang sudah saya berikan kepada kalian semua. Jangan pernah lelah untuk belajar ya kawan. Raihlah intangmu setinggi – tingginya. Jangan pernah kalah dari yang lain dalam hal belajar. Terimakasih sudah membaca Pengertian Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi dari blog ini, jangan lupa like dan follow ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Konfigurasi Elektron Dan Elektron Valensi -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment