Ulasan Pengertian Sifat Komutatif Matematika Contoh Soal Dan Pembahasan Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Sifat Komutatif Matematika, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap - Selamat pagi teman – teman semua, bertemu lagi nih dengan admin yang paling cantik hehe. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan materi mengenai sifat komutatif dalam matematika. Kalian semua ada yang pernah mendengar tentang komutatif? Pastinya sudah sering mendengarnya bukan. Jika kalian masih bertanya – tanya tentang apa itu bilangan komutatif, ada baiknya jika kalian semua menyimak dengan baik materi yang akan saya berikan berikut ini.

Pengertian Sifat Komutatif Matematika, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap Google Image - Pengertian Sifat Komutatif Matematika, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap

Didalam matematika, kita mengenal sifat distributif dan sifat komutatif. Secara sederhana, sifat komutatif merupakan sifat penjumlahan dan perkalian yang apabila kita melakukan operasi hitung bilangan bulat tersebut akan mendapatkan hasil yang sama biarpun angkanya kita tukar posisinya. Misal, kita melakukan operasi penjumlahan dengan angka 4 + 7 hasilnya adalah 11, jika kita tukar posisinya 7 + 4 hasilnya tetap 11 bukan. Itulah gambaran untuk pengertian sifat komutatif. Hal ini juga berlaku pada perkalian namun tida untuk pengurangan dan pembagian. Agar kalian lebih jelas, simak saja penjelasannya berikut ini.

Pengertian Sifat Komutatif Matematika

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa sifat komutatif merupakan sifat dimana apabila kita melakukan operasi hitung perkalian maupun penjumlahan dengan angka yang sama namun posisi ditukar hasilnya akan tetap sama. Namun hal ini tidak berlaku untuk pembagian dan pengurangan. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari contoh – contoh berikut ini.

Sifat komutatif pada operasi hitung penjumlahan.

Lihatlah contoh dibawah ini: 300.458 + 204.789 = 505.247 Jika kita tukar posisinya menjadi, 204.789 + 300.458 = 505.247 Hasilnya akan sama seperti yang pertama bukan. Artinya, hukum komutatif berlaku pada operasi hitung penjumlahan.

Sifat komutatif pada operasi hitung pengurangan.

Berpakah hasil pengurangan bilangan berikut ini: 300.600 – 200.600 = 100.000 Namun, jika kita tukar posisinya, apakah hasilnya akan sama? 200.600 – 300.600 = -100.000 Ternyata hasilnya berbeda, oleh karena itu sifat komutatif tidak berlaku pada operasi hitung pengurangan.  (a – b ≠ b – a).

Sifat komutatif pada operasi hitung perkalian.

Berapakah hasil dari 40 x 50 = 2.000 Jika kita balik atau kita tukar posisinya akan menjadi sebagai berikut 50 x 40 = 2.000 Ternyata hasilnya sama, artinya sifat komutatif berlaku pada operasi perkalian.

Sifat komutatif pada operasi hitung pembagian.

Tentukan hasil dari 600/300 = 2 Jika posisinya kita tukar, apakah hasilnya akan sama seperti yang pertama? 300/600 = ½ Ternyata hasilnya berbeda. Artinya sifat komutatif tidak berlaku pada operasi pembagian. (a : b ≠ b : a)

Pengertian Sifat Komutatif Matematika, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap - Nah, sedikit – sedikit pasti kalian semua paham bukan? Harus paham ya, soalnya hal ini tidak sulit untuk dipelajari. Hanya butuh konsentrasi dan fokusnya kalian saja untuk mengerjakan soal – soalnya. Saya harap kalian semua tetap semangat dalam belajarnya, karena sebentar lagi kalian akan mengikuti ujian nasional. Saya hanya berpesan agar kalian rajin belajar dimanapun kalian berada. Jangan lupa ikuti blog ini ya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Sifat Komutatif Matematika Contoh Soal Dan Pembahasan Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment