Ulasan Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai - Selamat pagi semuanya, jumpa lagi nih dengan admin cantiknya mengenal ilmu sains online hehe. Nah, pada kesempatan pagi hari ini, saya akan memberikan materi tentang cara mudah menghitung perbandingan berbalik nilai. Apakah kalian semua sudah pernah mendengar materi berikut ini? Jika belum, ada baiknya jika kalian semua menyimak dengan baik materi yang akan saya sampaikan berikut ini.

Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Google Image - Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai merupakan suatu perbandingan dari dua buah nilai yang memiliki besaran yang sejenis. Pada kasus ini, apabila nilai pada suatu komponen naik, maka nilai dari komponen yang lainnya akan mengalami penurunan. Contohnya begini, jika kalian pergi kesekolah mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang, maka kalian akan sampai pada waktu tertentu. Namun jika kalian mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang tinggi, maka kalian akan lebih cepat sampai kesekolah sehingga waktu tempuh kalian akan semakin sedikit dibandingkan dengan mengendarai sepeda motor yang berkecepatan sedang. agar kalian lebih jelas lagi, perhatikan saja tabel berikut ini:

Tabel diatas merupakan tabel perbandingan antara kecepatan dan waktu tempuh jika jarak rumah kesekolah adalah 90 km. dari tabel diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa semakin lambat kecepatan kita, maka waktu tempuh untuk sampai kesekolah yang jaraknya 90 km akan semakin lama. Itu artinya apabila kecepatan rata – rata naik, maka nilai dari waktu tempuh akan turun. Itulah yang dimaksud dengan perbandingan berbalik nilai, dimana jika suatu komponen dinaikkan, maka komponen yang lainnya akan menurun.

Rumus perbandingan berbalik nilai

Untuk memudahkan kalian, saya akan memberikan kalian rumus bagaumana mencari perbandingan berbalik nilai. Secara umum, rumus perbandingan berbalik nilai adalah:

Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai Google Image - Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Untuk mempermudah kalian bagaimana sih cara menggunakan rumus diatas, saya akan memberikan contoh soal dan pembahasannya lengkap. Berikut ini adalah contoh soal perbandingan berbalik nilai.

Contoh 1 Seorang kontraktor ingin membuat sebuah apartemen mewah. Jika ia hanya memperkerjakan 50 orang, maka diperkirakan apartemen tersebut akan selesai selama 30 hari. Berapa harikah apartemen tersebut akan selesai jika pekerja hanya sebanyak 20 orang?

Jawab

Diketahui: a1 = 50 b1 = 30 a2 = 20 ditanya: b2 = ?

penyelesaian:

masukkan saja langsung kedalam rumus yang terdapat diatas. a1/b2 = a2/b1 50/b2 = 20/30 Kali silang, sehingga didapat: 1500 = 20 x b2 1500/20 = b2 75 = b2

Jadi, apartemen akan selesai selama 75 hari jika yang mengerjakkan apartemen tersebut hanya 20 orang.

Contoh 2 5 mesin jahit, mampu menyelesaikan 200 menit pesanan baju kemeja. Berapa mesin jahitkah yang diperlukkan jika ingin menyelesaikan dalam waktu 50 menit pesanan baju kemeja?

Jawab:

Diketahui: a1 = 5 b1 = 200 b2 = 50 Ditanya: a2 = ?

Penyelesaian:

a1/b2 = a2/b1 5/50 = a2/200 1000 = 50 x a2 1000/50 = a2 20 = a2

Jadi mesin jahit yang dibutuhkan adalah sebanyak 20 mesin jahit.

Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai - Nah, inilah yang dapat saya berikan kepada kalian semua, saya harap kalian semua bisa mengambil ilmu dari materi yang telah saya paparkan diatas. Karena sebentar lagi kalian akan menjalani ujian, untuk itu saya berpesan kepada kalian semua untuk rajin – rajin dalam belajar. Karena dengan belajar, kalian semua bisa mengerjakkan soal – soal ujian dengan baik dan jujur. Terimakasih, jangan lupa ikuti blog ini ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Mudah Menghitung Rumus Perbandingan Berbalik Nilai -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment