Ulasan Materi Besaran Vektor Dan Besaran Skalar -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar - Selamat pagi kawan - kawan semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada pertemuan kita kemarin, kita telah membahas tentang Besaran dan Satuan. Nah, pada pertemuan kita pagi hari ini, Kita akan belajar mengenai besaran vektor. Besaran Vektor merupakan salah satu sub bab yang ada didalam materi besaran dan satuan. Kalian ada yang tahu apa itu Vektor? Jika belum, simak saja materi berikut ini.

Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar Google Image - Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar
Pengertian dan pembahasan Materi Vektor. Sebelum kita masuk kedalam materi yang lebih dalam lagi mengenai vektor, Kita harus paham terlebih dahulu mengenai besaran. Secara umum, besaran - besaran yang ada didalam ilmu fisika dibedakan menjadi dua, yaitu Besaran Vektor dan Besaran Skalar. Apa sih pengertian kedua besaran tersebut? Yuk simak penjelasan lengkap mengenai vektor berikut ini.

Pengertian dan Pembahasan Besaran Vektor dan Skalar

Seperti yang telah ilmu sains online jelaskan, bahwa besaran dibagi menjadi dua yaitu Besaran Vektor dan Besaran Skalar. Besaran Vektor merupakan besaran yang mempunyai nilai, besaran dan arah. Sedangkan Besaran Skalar yaitu Besaran yang hanya mempunyai nilai dan besaran saja, tidak memiliki arah. Berikut ini istilah - istilah dalam besaran Vektor.

1. Resultan

Pengertian resultan adalah jumlah dari dua fektor. Suatu operasi penjumlahan atau pengurangan vektor dapat dilakukan dengan cara analitis yaitu dengan cara membuat jajar genjang atau persegi dimana vektor yang dijumlahkan dan dikurangkan menjadi sisi - sisi dari jajar genjang atau persegi tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini:

F1 dan F2 merupakan gaya - gaya sedangkan R merupakan Resultan. Dari gambar tersebut, kita bisa melihat bahwa besaran fektor tesebut memiliki arah yaitu searah Resultan. 

2. Penguraian Vektor

Sebuah vektor dapat diuraikan menjadi dua buah vektor yang tegak lurus dimana komponen vektor diuraikan kedalam sumbu x dan y. dari gambar diata, kita bisa tahu bahwa F1 bisa kita misalkan sebagai sumbu y dan F2 kita misalkan sebagai sumbu x. masing - masing dari sumbu tersebut memilik nilai yang berbeda.

Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar - Nah, inilah materi yang bisa ilmu sains online berikan untuk kawan - kawan semua. Bagi kalian yang belum faham, bisa langsung ditanyakan saja. Saya harap kalian bisa mendapatkan ilmu setelah membaca artikel diatas. Besok kita akan bertemu kembali dengan materi baru dan lebih menarik lagi ya kawan - kawan. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Materi Besaran Vektor Dan Besaran Skalar -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment