Ulasan Materi Besaran Dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap - Sore kawan - kawan semua, jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. pada sore hari ini, kita akan bahas materi baru nih. Kita akan belajar tentang fisika dasar ya kawan - kawan semua. Diantara kalian pasti ada yang demen nih belajar fisika, hehe. Pada postingan kita kali ini, kita akan bahas tentang Besaran dan Satuan terbeih dahulu. karena dari yang dasar dahulu baru kemudian kita masuk ke inti hehe.

Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap Google Image - Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap

Materi Besaran dan Satuan merupakan materi fisika kelas 10 SMA. sebelum kita mengetahui apa itu pengertian besaran dan satuan, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari fisika. Apasih fisika itu? fisika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan yang memerlukan banyak sekali pengukuran - pengukuran misalnya, panjang, berat, massa, eaktu, dan sebagainya. Nah, pengukuran - pengukuran tersebut butuh besaran seperti besaran panjang, besaran massa dan lain - lain. untuk tahu lebih dalam lagi, yuk simak materinya berikut ini

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10

Besaran adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai dan dapat dinyatakan dengan angka. Misal panjang penggaris itu adalah 30cm. nah panjang merupakan besaran karena memiliki nilai. Didalam ilmu fisika, Besaran terdiri dari dua macam taitu Besaran pokok dan Besaran turunan. Mau tahu apa Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan? simak penjelesannya dibawah ini.

Besaran Pokok dan Satuannya

Pada dasarnya, terdapat dua macam sistem satuan yang sering kita gunakan didalam ilmu fisika dan ilmu teknik, yaitu:

Sistem Inggris dan, Sistem Metrik. 1. Sistem Inggris

Sistem satuan ini didasarkan pada gaya (F), Panjang (L) dan Waktu (T). Sistem Inggris ini biasanya dipakai di negara - negara yang berbahasa inggris pada kehidupannya sehari - hari. Selain itu, Sistem ini dipakai juga untuk bahasa mesin.

a. Satuan Gaya Untuk satuan gaya, menurut Sistem Inggris satuan gaya adalah Pound, dimana satu pound = 0,45 kilogram. 

b. Satuan Panjang Menurut Sistem Inggris, satuan panjang adalah Foot (kaki), dimana satu kaki = 0,3 meter. Standard ini tidak diakui secara resmi, nemun telah dipakai secara luas dalam industri dan perdagangan.

c. Satuan Massa Satuan dari massa dalam sistem Inggris adalah Slug, dimana 1 slug  sama dengan 14,6 kilogram.

2. Sistem Matrik

sistem metrik atau disebut juga dengan sistem metrik absolut didasarkan pada panjang (L), Massa (M), dan waktu (T). Sistem ini Secara resmi digunakan pertama kali pada tahun 1866 di prancis. Sistem Metrik ini dibagi menjadi dua bagian yaitu:

Sistem MKS (meter - kilogram - sekon), dan Sistem CGS (centimeter - gram - sekon).

a. Sistem MKS Sistem MKS disebut juga dengan sistem satuan absolut. mengapa disebut demikian? Karena meter, kologram, dan sekon didefinisikan menurut cara yang tidak dipengaruhi medan gravitasi bumi. Satuan - satuan yang digunakan dalam sistem MKS adalah sebagai berikut:

# Panjang menggunakan satuan meter (m). # Massa menggunakan satuan Kilogram (kg). # Waktu menggunakan satuan sekon atau detik (s atau det).

b. Sistem CGS Berbeda dengan sistem MKS. Perbedaannya terletak pada pemakaian centimeter dan gram yang merupakan satuan kelipatan dari meter dan kilogram. Satuan - satuan yang digunakan dalam CGS adalah sebagai berikut:

# Panjang menggunakan satuan Centimeter (cm). # Massa menggunakan satuan gram (gr). # Waktu menggunakan satuan sekon atau detik (s atau det).

Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap - Inilah yang dapat ilmu sains online berikan pada malam hari ini. Fisika memang sangat menyenangkan ya kawan - kawan. Semoga kalian bisa mengambil ilmu yang dari artikel diatas. Terus simak penjelasan yang akan kami posting setiap harinya ya kawan. Terimakasih, dan jangan lupa di share ya, karena ini merupakan informasi untuk kemajuan pendidikan kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Materi Besaran Dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment