Ulasan Rumus Penjumlahan Dan Pengurangan Besaran Vektor -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor - Selamat Pagi semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada hari ini, Kita semua akan belajar fisika nih. Mau tahu materi kita pada pagi hari ini? Kemarin, Kita telah mempelajari tentang Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar. Nah, pada hari ini kita akan membahas materi tentang Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor. Sebelum masuk kedalam rumus, ada baiknya jika kalian memahami terlebih dahulu mengenai Apa itu besaran vektor. Karena akan lebih mudah untuk mempelajari rumusnya jika sudah paham tentang vektor.

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor Google Image - Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor

Operasi penjumlahan dan pengurangan vektor biasanya kita temukan pada saat kita berada dikelas 10 SMA. Tidak hanya besaran vektor saja yang dapat dihitung, namun besaran skalar juga dapat dihitung. jika kalian sudah baca materi tentang besaran vektor maka kalian pasti sudah paham apa itu besaran skalar. hehe. Langsung saja yuk kita bahas Rumus - rumus Besaran vektor dan besaran skalar.

Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor

1. Penjumlahan Besaran Vektor Besaran vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah. Dua vektor dapat kita jumlah karena memiliki nilai tertentu. Nah, penjumlahan dari dua buah vektor ini dinamakan dengan Resultan. Untuk mengetahui jumlah dua buah vektor tersebut, dapat kita gunakan Rumus sebagai berikut:

Resultan = F1 + F2

F1 = gaya yang bekerja pada titik 1 F2 = gaya yang bekerja pada titik 2

Sedangkan untuk mengetahui besar atau panjang resultannya, dapat kita ketahui dengan menggunakan rumus umum resultan berikut ini:

dimana:

A = gaya pada arah a B = gaya pada arah b cos a = sudut yang dibentuk oleh kedua arah tersebut.

2. Pengurangan Besaran Vektor selain dapat dijumlahkan, dua buah vektor juga pasti memiliki selisih. Untuk mengetahui rumus umum selisih dua buah vektor dapat kita lihat sebagai berikut:

3. Penguraian Vektor tahukah kalian jika sebuah vektor dapat kita uraikan menjadi dua buah vektor yang tegak lurus dimana komponen vektor tersebut berada didalam sumbu x dan sumbu y. Rumus umum untuk mengetahui besar masing - masing vektor dapat kita lihat pada rumus berikut:

a. Vektor Searah sumbu x (Vx)

Vx = V cos a

b. Vektor Searah Sumbu y (Vy)

Vy = V sin a

Perhatian : Jika Sumbu x, maka menggunakan Cos. Jika sumbu y menggunakan Sin.

4. Perkalian Vektor Perkalian vektor dibedakan menjadi dua yaitu:

a). Perkalian Skalar

perkalian skalar antara dua buah vektor a dan b yang membentuk sudut q akan menghasilkan skalar. rumus umus perkalian skalar adalah:

a . b cos q = a . b

b). Perkalian Vektor

Perkalian Vektor antara dua buah vektor a dan b yang membentuk sudut q akan menghasilkan vektor. Rumus umum perkalian vektor adalah:

a . b = ab sin q = c

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor - Nah, inilah materi kita pada hari ini. mudah bukan belajar tentang vektor. Saya harap kalian semua menyukai artikel ini. Jika kalian semua tekun dalam belajar insyaallah akan bisa juga kok. pada pertemuan kita selanjutnya, kita akan membahas mengenai contoh soal tentang vektor ya kawan - kawan. terimakasih. Jangan lupa di share ya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Rumus Penjumlahan Dan Pengurangan Besaran Vektor -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment