Ulasan Pengertian Dan Rumus Tumbukan Impuls Serta Hukum Kekekalan Momentum -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian dan Rumus Tumbukan, Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum - Menentukan Besaran - besaran fisis yang terkait dengan Tumbukan, Impuls dan Hukum Kekekalan Momentum merupakan materi Fisika kelas X yang akan kita pelajari pada hari ini. Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan impuls atau bagaimana Bunyi dari hukum Kekekalan Momentum itu sendiri? Jika kalian belum paham, Kita Pelajari bersama Pengertian serta Rumus - rumus yang berlaku Pada Tumbukan, Impuls, dan Hukum Kekekalan Momentum.

Pengertian dan Rumus Tumbukan, Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum Google Image - Pengertian dan Rumus Tumbukan, Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum

Pada dasarnya, dua buah benda tidak akan bergerak jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya. Jika kedua benda tersebut sama - sama diberi gaya dan diarahkan pada titik yang sama, maka kemungkinan besar kedua benda tersebut akan mengalami peristiwa Tumbukan. Apasih pengertian dari tumbukan itu sendiri? Untuk tahu lebih jelasnya, Yuk simak materinya berikut ini.

Pengertian Tumbukan, Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum

Pengertian Tumbukan

Tumbukan atau Bisa disebut juga dengan Momentum suatu benda adalah merupakan hasil kali antara massa dan kecepatan. Itu artinya yang mempengaruhi besar kecilnya atau kuat tidaknya suatu tumbukan tergantung dari seberapa besar kecepatan dan massa suatu benda tersebut. 

Rumus Momentum:

p = m.v

Keterangan:

p = Momentum (kg.m/s) m = Massa benda (kg) v = Kecepatan benda (m/s)

Baca Juga: Rumus Usaha, Energi Kinetik dan Energi Potensial

Pengertian Impuls

Impuls Merupakan hasil kali antara gaya dengan selang waktu gaya itu bekerja pada benda tersebut. Artinya terdapat perubahan kecepatan yang dialami oleh benda tersebut. Impuls suatu benda besarnya sama dengan perubahan momentum pada benda tersebut.

Rumus Impuls:

I = F Δt  I = Δp I = m(V2 – V1)

Keterangan:

I = Impuls (kg.m/s) F = Gaya Impuls (N) V2 = Kecepatan akhir (m/s) V1 = Kecepatan awal (m/s)

Bunyi Hukum Kekekalan Momentum

Hukum kekekalan momentum menyatakan:

"Pada peristiwa tumbukan jumlah momentum benda - benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap, asalkan tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda tersebut".

Secara Matematis, Rumus Kekekalan Momentum adalah:

P1 + P2 = P`1 + P`2

m1.v1 + m2.v2 = m1.v`1 + m2.v`2

Keterangan:

P1 = Momentum benda 1 sebelum tumbukan (kg.m/s) P2 = Momentum benda 2 sebelum Tumbukan (kg.m/s) P`1 = Momentum benda 1 setelah tumbukan (kg.m/s) P`2 = Momentum benda 2 setelah tumbukan (kg.m/s) m1 = massa benda 1 (kg) m2 = massa benda 2 (kg) V1 = Kecepatan benda 1 sebelum tumbukan (m/s) V2 = Kecepatan benda 2 sebelum Tumbukan (m/s) V`1 = Kecepatan benda 1 setelah tumbukan (m/s) V`2 = Kecepatan benda 2 setelah tumbukan (m/s)

Besaran yang membedakan jenis - jenis tumbukan disebut dengan Koefisien Restitusi (e). Rumusnya adalah sebagai berikut:

Macam - Macam Tumbukan: a. Tumbukan lenting sempurna dengan e = 1, berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik.

b. Tumbukan lenting sebagian dengan 0 < e < 1, Pada Tumbukan lenting sebagian, hanya berlaku Hukum kekekalan momentum saja, tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik.

c. Tumbukan tidak lenting sama sekali dengan e = 0, berlaku hukum kekekalan momentum, kedua benda bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama setelah terjadi tumbukan.

Penerapan dan Rumus Momentum Impuls a. Koefisien Restitusi benda jatuh dan memantul lagi: Keterangan:

h` = tinggi pantulan (m) h = tinggi benda (m) e = koefisien restitusi

Pengertian dan Rumus Tumbukan, Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum - Nah, inilah yang bisa ilmu sains online berikan pada hari ini. Semoga ini bisa membantu kalian untuk mengerjakan tugas - tugas sekolah sekaligus bisa membantu kalian untuk mengerjakan soal ujian. Jika menurut kalian ini bermanfaat, langsung saja share keteman - teman yang lain ya. Pada pertemuan selanjutnya, ilmu sains online akan memberikan contoh soal yang berkaitan dengan materi diatas. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Dan Rumus Tumbukan Impuls Serta Hukum Kekekalan Momentum -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment