Ulasan Rumus Usaha Energi Kinetik Dan Energi Potensial -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial - Usaha merupakan Gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda itu mengalami perpindahan. Secara matematis, Usaha juga dapat diartikan sebagai hasil kali komponen gaya yang searah perpindahan dengan besar perpindahan. Nah, Pada malam hari ini, ilmu sains online akan memberikan materi tentang Rumus Usaha, Energi Kinetik dan Energi Potensial. Untuk itu, simak materinya dengan baik ya.

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial Google Image - Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial

Didalam Fisika kelas x, Kita belajar tentang BAB Usaha dan Energi. Energi yang kita pelajari meliputi Energi Kinetik, Energi Mekanik, dan Energi Potensial. Apa sih pengertian dari usaha dan energi? Untuk itu, kita perhatikan dengan seksama materi berikut ya. Ilmu sains online akan membahas semua yang berkaitan dengan usaha.

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial

Pengertian dan Rumus Usaha

Didalam ilmu fisika, Pengertian Usaha adalah merupakan proses suatu perubahan energi atau gaya dikali dengan jarak perpindahannya. Usaha ini termasuk dalam besaran skalar dimana tidak memiliki arah hanya memiliki nilai. Satuan dari usaha adalah Joule. Satu joule diartikan sebagai besarnya usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya yang konstan sebesar satu Newton kepada sebuah benda jika benda tersebut bergerak melalui jarak satu meter searah gaya tersebut.

Rumus Umum Usaha

Usaha dilambangkan dengan W, Besarnya W dapat kita lihat pada rumus berikut:

W = F x s

W = Ek2 – Ek1 = ½m(V22 – V12)

W = Ep2 - Ep1 = mg(h2 - h1)

Untuk gaya (F) yang membentuk sudut a terhadap perpindahan s, Maka besar usaha yang diperlukan adalah:

W = F Cos a s

Keterangan:

Ek = Energi Kinetik Ep = Energi Potensial

Baca Juga: Rumus Torsi, Momen Inersia dan Momentum Sudut

Pengertian dan Rumus Energi Kinetik

Energi Kinetik adalah Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena pengaruh gerakannya atau kecepatannya. Jadi setiap benda yang bergerak memiliki energi kinetik. Rumus Umum Energi Kinetik adalah:

Ek = ½mv2

Keterangan:

Ek = Energi Kinetik (Joule) m = Massa Benda (kg) v = Kecepatan Benda (m/s)

Pengertian dan Rumus Energi Potensial

Energi Potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda akarena kedudukannya atau posisinya. Yang mempengaruhi energi potensial adalah Ketinggian dari benda tersebut. Rumus Umum Energi Potensial adalah:

Ep = mgh

Keterangan:

Ep = Energi Potensial (Joule) m = Massa Benda (kg) g = Percepatan Gravitasi (m/s2) h = Ketinggian Benda (m)

Pengertian dan Rumus Energi Mekanik

Energi mekanik adalah Secara matematis, energi mekanik diartikan sebagai Hasil penjumlahan dari Energi Kinetik dengan Energi Potensial. Energi mekanik ini memiliki nilai yang tetap. Rumus Umum Energi Mekanik adalah:

Em = Ek + Ep

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial - Nah, Iniliah yang bisa ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Semoga bisa membantu kalian untuk mengerjakan soal - soal ya. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang contoh soal yang berkaitan dengan usaha, energi kinetik, energi mekanik, dan energi potensial. Jangan lupa dishare ya jika menurut kalian materi diatas membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Rumus Usaha Energi Kinetik Dan Energi Potensial -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment