Ulasan Rumus Dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 - Selamat siang semuanya, jumpa lagi nih dengan Ilmu Sains Online. Pada pertemuan minggu lalu, kita sudah membahas mengenai barisan dan deret aritmatika. Nah, pada hari ini, admin akan membahas mengenai Materi Barisan dan Deret Geometri. Untuk contoh soalnya, menyusul saja ya hehe. Kalian sudah pernah membaca materi ini atau belum? jika sudah tidak ada salahnya untuk lebih memahami lebih dalam, bagi yang belum langsung saja simak materinya.

Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 Google Image - Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10

Rumus Menyelesaikan Masalah Deret Geometri. didalam materi matematika, kita mengenal barisan dan deret aritmatika, dan barisan dan deret Geometri. Tentu saja diantara keduanya memiliki sedikit perbedaan baik dari pengertian maupun rumus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah - masalah yang berkaitan. Pada hari ini kita akan membahas, Pengertian Baris Geometri, Deret Geometri dan Deret geometri tak hingga.

Cara Mudah Menyelesaikan Masalah Deret Geometri

Selain aritmatika, soal - soal yang akan keluar pada ujian nanti adalah salah satunya tentang deret geometri ini. Biasanya kalian diminta untuk menentukan jumlah n suku pertama jika nilai suku atau rasionya diketahui. Untuk itu, simak baik - baik ya materi berikut ini.

1. Rumus dan Pembahasan Barisan Geometri

Barisan geometri merupakan barisan suatu bilangan yang mempunyai nilai perbandingan setiap satu suku dengan suku sebelumnya selalu sama. Perbandingan antara dua suku yang berurutan dalam barisan geometri disebut dengan Rasio (r). Rumus umum yang kita gunakan untuk menyelesaikan masalah barisan geometri adalah sebagai berikut:

Un = ar^n - 1

Dimana:

Un = suku ke-n a = suku pertama r = rasio n = banyaknya suku

Contoh:

Diketahui suatu barisan geometri sebagai berikut. Suku pertama dari barisan tersebut adalah 5. Barisan tersebut memiliki rasio 9. Berapakah suku ke-4?

Jawab

Un = ar^n - 1 Un = 5 x 9^4 - 1 Un = 5 x 9^3 Un = 3645

Jadi suku ke-4 adalah 3645.

2. Rumus dan Pembahasan Deret Geometri

Deret geometri adalah penjumlahan dari suku - suku suatu barisan geometri. Bentuk umum jumlah n suku pertama dari suatu deret geometri dituliskan sebagai berikut:

Sn = a(1 - r^n)/1 - r

atau

Sn = a(r^n - 1)/r - 1

dengan:

Sn = jumlah n suku pertama a = nilai suku pertama r = rasio n = banyaknya suku

3. Rumus dan Pembahasan Deret Geometri Tak Hingga

Deret geometri tak hingga dibagi at dua jenis, yaitu: deret geometri konvergen (memusat) dan deret geometri divergen (memencar)

a. Deret Geometri Konvergen (memusat)

jika -1 < r < 1 maka S tak hingga = a/1 - r

b Deret Geometri Divergen (memencar)

Jika r < -1 atau r > 1 maka S tak hingga = tak hingga.

Rumus dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 - Nah, inilah yang dapat ilmu sains olnine berikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat ya. Untuk pertemuan selanjutnya akan kita bahas contoh soalnya. Sebab dengan membahas contoh soalnya kita akan menjadi lebih paham dengan materi diatas. Jika kalian suka dengan artikel - artikel yang diposting oeh ilmu sains online, bisa di share ya untuk informasi bagi yang lain. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Rumus Dan Pembahasan Masalah Deret Geometri Kelas 10 -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment