Ulasan Contoh Soal Dan Pembahasan Jarak Waktu Dan Kecepatan -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan - Selamat malam teman, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bersama mengenai mata pelajaran yang cukup ringan. Masih berkaitan dengan matematika tentunya. Apakah kalian tahu apa itu kecepatan? Dan apa rumus untuk kecepatan? Jika belum mengetahuinya, ikuti saja blog ini, siapa tahu dengan cara itu teman – teman semua bisa mengerti. Materi yang akan kita bahas pada malam hari ini adalah Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan.

Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan Google Image - Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan

Kecepatan merupakan besaran yang diperoleh dari jarak tempuh yang dilalui terhadap waktu. Untuk melacak atau mengetahui kecepatan suatu benda itu bergerak kita bisa gunakan alat yang dinamakan speedometer. Speedometer ini yang biasanya kita temui pada motor, mobil dan lain – lain. Satuan yang biasanya digunakan ialah m/s, km/jam. Agar kalian lebih mengerti bagaimana bentuk soal – soal yang berkaitan dengan Kecepatan, langsung saja simak contoh soalnya berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan

Contoh 1 Roni berangkat kerumah toni mengendarai sepeda motor. Jarak yang ditempuh roni adalah 4,5 km. jika waktu yang ditempuh toni adalah 900 sekon, maka berapakah kecepatan roni untuk menempuh jarak sekian?

Jawab

Jarak = 4,5 km = 4500 m. Waktu = 900 s. Kecepatan = jarak / waktu Kecepatan = s/t Kecepatan = 4500/900  Kecepatan = 5 m/s.

Contoh 2  Riyan menaiki sepedahnya dengan kecepatan kencang. Ia berusaha agar sampai kerumah nenek pukul 01.00, jarak yang dia tempuh adalah 6 km, dan waktu tempuh adalah 1200 s. berapakah kecepatan sepedah riyan?

Jawab

1 km = 1000 m, 5 km = 5 x 1000 = 5000 m. Kecepatan = s/t Kecepatan = 6000/1200 = 5 m/s.

Contoh 3 Reza mengendarai sepedamotor dengan kecepatan sedang. iya keluar dari rumah pukul 03.00. ia ingin pergi ketempat neneknya yang jarak tempuhnya adalah 24 km. kecepatan motor yang dikendarai oleh reza adalah 80 km/jam. Pukul berapakah reza akan sampai kerumah neneknya?

Jawab

Jika ditanyakan pukul berapa, itu sama saja menanyakan waktu tempuh (t). T = s/v T = 24 km / 80 km/jam x 60 menit = 18 menit. Jadi reza akan sampai ke tempat nenek pukul 03.18.

Contoh 4 Sella berangkat kesekolah mengendarai sepeda dengan waktu tempuh 15 menit. Kecepatan sepeda sella adalah 10 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh sella?

Jawab

V = s/t 1 km/jam = s/15 menit. 10 km / jam x 1.000 m/60menit = s/15 menit. 166 m/menit = s/15menit. s = 166 m/menit x 15 menit s = 2.490 m = 2,49 km.

Contoh 5 Anggun pergi kekantor yang jaraknya sekitar 30 km menggunakan mobil. Jika waktu yang diperlukan untuk sampai kekantor adalah 40 menit, maka berapakah kecepatan anggun pada saat mengendarai mobil?

Jawab

V = s/t V = 30 km / 40 menit V = 30.000 m / 2.400s V = 12,5 m/s.

Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan - Inilah yang dapat saya sampaikan saya berharap agar kalian semua dapat mengambil inti sari dari materi yang telah saya berikan pada malam hari ini. Jangan lupa klik ikuti blog ini ya kawan. Saya tidak akan pernah bosen untuk memberikan materi yang berkaitan dengan matematika, kimia, fisika, dan biologi kepada kalian semua. Terimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Contoh Soal Dan Pembahasan Jarak Waktu Dan Kecepatan -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment