Ulasan Bagian - Bagian Sel Serta Fungsinya -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Bagian - bagian Sel serta Fungsinya - Selamat malam adik – adik semua, bertemu lagi dengan mimin yang sudah lama tidak memberikan materi kepada kalian semua, maklum, lagi sibuk. Hehe, namun kali ini saya akan memberikan kepada kalian semua materi tentang biologi nih. Lumayan kan yang lagi pada belajar malam hari ini, dan materi kita pada malam hari ini tidak jauh – jauh dari materi yang kalian pelajari di sekolah. Organel sel yang akan kita pelajarin pada malam hari ini. Kalian pasti sudah pernah mendengarnya bukan? Jika belum, ikuti saja materi dari blog ini.

Bagian - bagian Sel serta Fungsinya Google Image - Bagian - bagian Sel serta Fungsinya

Bagian - Bagian Sel - Sel merupakan suatu bagian dari makhluk hidup yang mempunyai fungsi tertentu. Suatu sel baik itu sel tumbuhan ataupun hewan memiliki organel – organel sel masing – masing. Tentu saja diantara keduanya memiliki fungsi yang berbeda antara satu sama lain. Saya akan menjelaskan macam  macam organel sel pada adik – adik semua. Untuk itu, perhatikan dengan baik materi berikut ini.

Bagian – bagian Sel beserta Fungsinya

1. Membran Plasma

Membran plasma merupakan lapisan terluar yang membatasi antara sitoplasma dengan lingkungan sekitar. Pada sel tumbuhan, membran plasma terdapat diatara cairan sitoplasma dengan dinding sel. Membran plasma ini terdiri dari lipid dan protein yang tersebar tidak merata.

Fungsi membran sel ini antara lain:

a. Sebagai pemisah antara bagian dalam sel dengan lingkungan

b. Sebagai pelindung bagian dalam sel agar tidak keluar

c. Sebagai reseptor dari lingkungan

d. Dan sebagai pengatur lalu lintas yang terjadi pada sel karena sifatnya yaitu selektif permeabel.

2. Organel Sel

Merupakan suatu organ – organ kecil yang terdapat di dalam sel yang memiliki struktur khusus agar keteraturan aktivitas sel dapat terjaga. Ada beberapa organel – organel yang terdapat pada sel, diantaranya:

a. Nukleus Nukleus atau yang kita kenal dengan inti sel merupakan bagian tebesar yang terdapat didalam suatu sel. Pada umumnya, suatu sel memiliki satu nukleus. Namun ada pula yang memiliki dua. Fungsi dari inti sel sudah jelas yaitu sebagai otak dari berjalannya suatu aktivitas pada sel.

b. Retikulum Endoplasma (RE) Retikulum Endoplasma merupakan tumpukkan suatu rongga yang tersusun sejajar sehingga membentuk suatu sistem pada sitoplasma. RE terdapat dua jenis yaitu RE halus dan RE kasar. Yang membedakan diantara keduanya adalah terdapat atau tidaknya suatu ribosom pada permukaannya. Dikatakan RE halus apabila pada permukaan RE tidak terdapat ribosom, dan dikatakan RE kasar apabila terdapat ribosom pada permukaannya.

Fungsi RE:

Berperan dalam pembuatan lemak dan steroid.

Membran yang terdapat ribosom pada permukaannya berperan dalam pembuatan protein.

c. Ribosom Ribosom merupakan suatu organel yang tersusun dari nukleoprotein. Nukleoprotein merupakan senyawa protein dengan RNA. Ribosom terdapat pada membran RE dan juga tersebar pada cairan sel(sitosol). Ribosom berfungsi sebagai sintesis protein.

d. Badan Mikro Badan mikro merupakan suatu organel sel yang terdiri dari selapis membran dan tidak memiliki struktur dalam. Badan mikro terdapat dua macam, yaitu:

Glioksisom

Glioksisom berperan dalam penghasil enzim katalase yang berperan dalam penguraian karbohidrat.

Peroksisom

Merupakan penghasil enzim metabolisme. Enzim yang dihasilkan berperan untuk menguraikan racun pada sel hewan maupun tumbuhan menjadi tidak beracun.

e. Badan Golgi Merupakan organel yang tersun dari kantung – kantung pipih dan pada bagian tepinya terdapat vesikula (gelembung). Badan golgi ini terdapat pada sitoplasma.

Fungsi dari badan golgi yaitu mensintesis polisakarida. Selain itu, berfungsi sebagai penghasil enzim pencernaan dan penghasil lisosom.

f. Lisosom Merupakan suatu organel yang dihasilkan oleh badan golgi. Organel ini terdapat pada sitoplasma dengan jumlah yang banyak.

Lisosom mengandung beberapa enzim seperti lipase, fosfatase, dan protase yang berperan dalam pencernaan intraseluler untuk menguraikan substansi dalam sel.

Fungsi Lisosom:

Eksositosis.

Autofagosit, peleburan struktur – struktur yang tidak diinginkan dalam sel.

Autolisis, penghancuran diri sel dengan cara membebaskan seluruh isi lisosom.

Mencerna substansi dalam sel.

g. Mitokondria Merupakan organel yang berbentuk batang, bulat atau oval. Fungsi dari mitokondria adalah tempat berlangsungnya dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs dan transfer elektron.

h. Mikrotubulus Merupakan organel sel yang berbentuk silinder dan tidak bercabang. Mikrotubulus berfungsi seagai kerangka sel karena sifatnya yang kaku yang dapat mempertahankan bentuk suatu sel. Selain itu, mikrotubulus berfungsi membantu transportasi zat.

i. Mirofilamen Merupakan organel sel yangberfungsi sebagai rangka sel dan berperan pada endositosis dan eksositosis.

j. Entrosom Merupakan organel sel yang berfungsi untuk mengatur gerakan kromosom dalam proses pembelahan sel.

Bagian - bagian Sel serta Fungsinya - Inilah yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua, saya harap kalian semua bisa mengambil ilmu yang telah saya bagikan kepada kalian semua. Jangan pernah bosan ya untuk membaca materi – materi dari blog ini. Ikuti saja karena saya akan memberikan materi yang kalian inginkan. semoga bagian - bagian sel serta fungsinya dapat membantu kalian semua Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Bagian - Bagian Sel Serta Fungsinya -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment