Ulasan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10 -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10 - Selamat malam kawan - kawan semua. Ilmu sains Online datang lagi nih. Pada malam hari ini, kita akan belajar mengenai Pertidaksamaan Linear Dua Variabel atau biasa kita sebut dengan PtLDV. Materi PtLDV ini kita pelajari pada saat berada dikelas 10. Pada pertemuan yang lalu, kita membahas tentang Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Untuk itu, malam hari ini kita belajar mengenai PtLDV. simak saja materinya berikut ini.

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10 Google Image - Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel atau SPtLDV merupakan suatu cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah - masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan. Materi ini cukup ringan kawan - kawan semua, jadi perhatikan dengan baik ya. Kita juga akan membahas model matematika dan program linear. yuk kita belajar bareng.

Materi Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10

Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (PtLDV)

bentuk umum Pertidaksamaan Linear Dua Variabel adalah sebagai berikut:

a. ax + by > c

b. ax + by < c

c. ax + by ≥ c

d. ax + by  c

dengan a, b dan c merupakan bilangan real.

daerah penyelesaian PtLDV berupa daerah yang dibatasi oleh suatu garis. Cara menentukan Penyelesaian PtLDV adalah sebagai berikut:

Misal PtLDV : ax + by > c

a. ambil titik (x1, y1) yang tidak terletak pada garis pembatas ax + by = c.

b. Uji titik (x1, y1) kedalam PtLDV: ax + by > c . Jika (x1, y1) memenuhi PtLDV ax + by > c, daerah penyelesaian memuat (x1, y1). Jika tidak memenuhi PtLDV ax + by > c, daerah penyelesaian tidak memuat (x1, y1).

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (SPtLDV)

Gabungan dua atau lebih pertidaksamaan linear dua variabel membentuk sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Daerah penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel merupakan irisan dari semua daerah penyelesaian pertidaksamaan linear dua variabel.

Model Matematika dan Program Linear 

Banyak permasalahan dalam kehidupan sehari - hari yang dapat diubah menjadi suatu model matematika. Program Linear merupakan cara menentukan nilai optimum dari model matematika yang terdiri atas beberapa pertidaksamaan linear. Nilai optimum fungsi objektif dapat ditentukan menggunakan dua metode, yaitu:

a. Metode uji titik pojok.

b. Metode garis selidik.

Penjelasannya sebagai berikut:

a. Metode Uji Titik Pojok

langkah - langkah untuk mencari nilai optimum suatu fungsi objektif adalah sebagai berikut:

1). Gambar daerah yang memenuhi SPtLDV.

2). Tentukan titik - titik pojok pada daerah penyelesaian SPtLDV.

3). Substitusi titik - titik pojok kedalam fungsi objektif sehingga diperoleh nilai optimum.

b. Metode Garis Selidik

Untuk menentukan nilai optimum suatu fungsi objektif, dapat menggunakan cara berikut ini:

1). Gambar daerah yang memenuhi SPtLDV.

2). Gambar garis selidik dari fungsi objektif. misal, fungsi objektifnya adalah f(x,y) = ax + by + c. Kemudian kita ambil garis selidik mula - mulanya adalah, ax + by + c = 0.

3). Gambar garis - garis selidik dari suatu fungsi objektif yang melalui titik pojok pada daerah penyelesaian.

4). Tentukan nilai optimumnya.

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10 - Nah, inilah yang dapat ilmu sains online berikan pada malam hari ini. Mudah bukan materi diatas. Materi diatas harus benar - benar kalian pahami. karena materi diatas akan keluar pada ujian akhir kalian. Jangan lupa untuk mecari soal - soal yang berhubungan dengan materi diatas. ilmu sains online pamit dulu ya. besok kita akan membahas mengenai soal yang berkaitan dengan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas 10 -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment