Ulasan Cara Mengubah Pecahan Biasa Ke Bentuk Persen Dan Desimal -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal - Selamat pagi semua, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online yang tak pernah bosan untuk memberikan materi kepada kalian semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas materi yang bertema Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal. Pada pertemuan kemarin, kita pernah membahas tentang Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan bukan? Nah, tentunya kalian sudah mengetahui sedikit bukan tentang pecahan. Gampang kok, asalkan kalian rajin dalam mengerjakan soal – soal saja.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal Google Image - Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal

Mengubah pecahan biasa kedalam bentuk persen dan desimal sangatlah mudah kawan. Kalian hanya perlu paham apa itu persen dan decimal. Sudah pernah saya jelaskan bukan pada pertemuan kemarin. Hari ini saya akan membahas tuntas agar kalian semua bisa memahaminya. Langsung saja yuk kematri inti kita pada pagi hari ini.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal

Cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen Gampang sekali untuk mengubah pecahan biasa ke bentuk persen. Kalian hanya perlu mengubah penyebutnya menjadi 100 dengan cara mengalikan nilainya. Semisal dikalikan dengan 25 agar penyebutnya menjadi 100,, maka pembilangnya juga harus di kali dengan 25.

Contoh

20/25 = ( kita kalikan dengan 4 agar penyebutnya 100 )  20/25 = 80/100 20/25 = 0,8 %

Mudah sekali bukan? Yang harus kalian ingat adalah apabila penyebut dikalikan dengan nilai tertentu, maka pembilangnya juga harus dikalikan dengan nilai yang sama dengan yang dikalikan dengan penyebut. Jika kalian semua sudah paham, maka akan mudah mengerjakan soal – soal.

Cara mengubah bentuk persen ke pecahan biasa Ini sangat mudah tentunya jika kalian sudah mengerti yang telah saya jelaskan diatas. Jika kalian sudah tahu bahwa setiap angka yang dikalikan dengan persen berarti angka tersebut adalah /100 ( per seratus ). Semisal, 25%, jika kita ingin mengubah 25% kedalam pecahan biasa, kita bagi dengan 100. Jadi 25/100 = ¼. Mudah bukan?

Contoh

75% = 75/100 = 3/4 80% = 80/100 = 4/5

Asal kalian paham salah satu saja, maka kalian akan memahami semuanya. Yang penting jangan pernah tinggalkan kewajiban kalian sebagai seorang pelajar yaaa.

Cara mengubah Pecahan biasa ke bentuk desimal Kalian harus paham terlebih dahulu apa itu desimal kawan. Bilangan desimal merupakan bilangan yang terdapat tanda (koma). Semisal 3,5, 2,5, 4,5, dan seterusnya. Nah, ingat saja itu. Untuk mengubahnya juga gampang sekali kok. Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh

¾ = 3 : 4 = 0,75. ½ = 1 : 2 = 0,5.

Mudah bukan? Saya yakin kalian semua pasti bisa. Ingat pesan saya saja ya teman.

Cara mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan biasa Ini adalah kebalikan dari yang atas. Apabila kita ingin mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan biasa, maka yang harus kita perhatikan adalah ada berapa angka yang terdapat dibelakang (koma). Jika dibelakang (koma) terdapat 1 angka, maka bilangan tersebut dibagi dengan 10. Jika ada 2 angka dibelakang (koma), maka dibagi dengan 100, Dan seterusnya.

Contoh

0,5 = 5/10 = ½ 0,75 = 75/100 = ¾

Sama bukan dengan yang diatas? Mudah kan? Pahami saja salah satunya, maka kalian akan mendapatkan kedu-duanya. Yang penting jangan lupa belajar ^_^.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal - Nah, inilah materi kita pada pagi hari ini. Saya rasa kalian semua sudah bisa. Karena materi ini sangatlah mudah. Namun tetap saja sulit apa bila kita tidak rajin belajar. Jangan lupa like dan ikuti blog ini karena saya akan terus memposting materi – materi yang kalian butuhkan. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Mengubah Pecahan Biasa Ke Bentuk Persen Dan Desimal -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment