Ulasan Pengertian Hidrolisis Macam - Macam Dan Manfaat Hidrolisis -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Hidrolisis, Macam - Macam dan Manfaat Hidrolisis - Selamat siang semuanya, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online nih. Pada pertemuan kita pada kali ini, kita akan belajar bersama mengenai Hidrolisis. Apakah kalian semua pernah mendengar kata ini sebelumnya? Tentu saja pernah bukan. Jika belum, baca saja artikel ini dengan seksama yaaa…

Pengertian Hidrolisis, Macam - Macam dan Manfaat Hidrolisis Google Image - Pengertian Hidrolisis, Macam - Macam dan Manfaat Hidrolisis

Pengertian Hidrolisis

Hidrolisis merupakan reaksi peruraian suatu garam dalam air. Reaksi hidrolisis ini terjadi antara ion – ion garam (dalam air) dengan air sehingga ion positif dan ion negatif dari garam bereaksi dengan air membentuk asam dan basa asalnya. Reaksi hidrolisis terjadi pada asam lemah dengan basa kuat, asam kuat dengan basa lemah atau asam lemah dengan basa lemah. Jumlah mol asam sama dengan jumlah mol basa. Bagaimana, apakah kalian sudah paham? Baguslah jika sudah, namun, kalian juga harus mengetahui macam – macam hidroisis ini, oleh karena itu tetap baca artikel berikut ini yaa..

Macam – Macam Hidrolisis

Berdasarkan komponen pembentuknya, hidrolisis dibedakan menjadi:

1. Hidrolisis Parsial Hidrolisis parsial merupakan hidrolisis dimana garam yang direaksikan pada air hanya sebagian saja yang mengalami hidrolisis, sedangkan yang lainnya tidak. Campuran garam dengan air yang mengalami hidrolisis parsial adalah campuran antara asam lemah dengan basa kuat dan basa kuat dengan asam lemah.

2. Hidrolisis Total Hidrolisis total merupakan hidrolisis dimana garam yang diraksikan dengan air dapat terhidrolisis semua. Siapakah campuran yang bisa terhidrolisis total? Campuran tersebut adalah campuran antara asam lemah dengan basa lemah.

Berdasarkan jenis ion – ion yang dihasilkan, hidrolisis dapat dibedakan menjadi:

1. Hidrolisis Anion Jika suatu molekul terdiri dari asam lemah dan basa kuat direaksikan dengan air maka akan mengalami hidrolisis parsial/sebagian dan akan menghasilkan ion yang bersifat basa. Dengan demikian, yang terhidrolisis adalah anion dari asam lemah, sedangkan kation dari basa kuat tidak terhidrolisis. Misal:

CH3COOHNa → CH3COOH- + Na+ CH3COO- + H2O → CH3COOH + OH- Na+ + H2O → tidak terjadi reaksi.

Dari contoh diatas, menjelaskan bahwa CH3COO- bertindak sebagai anion asam lemah, sedangkan Na+ bertindak sebagai kation basa kuat. Anion dari asam lemah diatas terbukti dapat terhidrolisis ketika direaksikan dengan air sedangkan kation dari basa kuat diatas tidak bisa bereaksi dengan air.

2. Hidrolisis Kation Kebalikan dengan hidrolisis anion, jika pada hidrolisis kation, yang terhidrolisis adalah kation dari basa lemah sehingga menghasilkan ion yang bersifat asam, sedangkan anion dari asam kuat tidak bereaksi jika direaksikan dengan air. Misal:

NH4Cl → NH4+ + Cl- NH4+ + H2O → NH4OH + H+ Cl- + H2O → tidak bereaksi

3. Anion dan Kation Hidrolisis Hidrolisis ini merupakan hidrolisis total dimana terdiri atas anion dari asam lemah dan anion dari basa lemah yang kemudian di reaksikan dengan air akan menghasilkan ion yang bersifat asam dan ion yang bersifat basa.

Manfaat Hidrolisis

Dalam bidang pertanian, reaksi hidrolisis digunakan dalam penyesuaian pH tanah dengan tanaman yang akan ditanam. Dengan metode hidrolisis didapatkan pupuk yang tidak ersifat asam dan tidak terlalu bersifat basa. 

Garam dapur, merupakan produk yang sangat bermanfaat bagi ibu – ibu untuk keperluan memasak. Proses pembuatan garam dapur itu sendiri memanfaatkan proses hidrolisis.

Reaksi hidrolisis juga sangat berperan penting dalam pembuatan beyclin dan sunkin.

Pada tubuh kita, juga terdapat yang namanya reaksi hidrolisis. Reaksi hidrolisis pada tubuh kita sangat berperan penting guna memecah makanan menjadi nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh.

Reaksi hidrolisis, berperan penting juga dalam pelapukan batuan, membuat tanah, menghasilkan mineral yang berguna bagi tumbuhan.

Reaksi hidrolisis juga berperan penting dalam penjernihan air PAM.

Pengertian Hidrolisis, Macam - Macam dan Manfaat Hidrolisis - Nah, inilah yang bisa mengenal ilmu sains online sampaikan, saya rasa kalian sekarang menjadi tambah paham bukan? Saya berharap begitu. Selain itu juga, kalian bisa baca artikel – artikel lainnya pada blog mengenal ilmu sains online yang tidak kalah bermanfaat. Gunakan lah waktu luangmu untuk keperluanmu dimasa depan ya teman – teman. Sekian dulu materi pengertian, macam – macam, dan manfaat hidrolisis dari saya, jangan lupa like and share ya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Hidrolisis Macam - Macam Dan Manfaat Hidrolisis -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment