Ulasan Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga Dan Kegunaannya -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga dan Kegunaannya - Didalam kimia, kita mendengar bahwa apa bila suatu larutan ditambahkan sedikit asam, maka pH larutan tersebut akan cenderung menurun. Mengapa? Karena didalam larutan tersebut terdapat banyak konsentrasi H+. Sebaliknya, jika larutan ditambahkan sedikit basa, maka pH larutan akan meningkat karena terdapat banyak konsentrasi OH-. Namun jika dalam larutan ditambahkan sedikit asam atau basa, pH larutan tersebut tidak mengalami penurunan atau kenaikan pH, maka larutan tersebut dinamakan larutan penyangga.

Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga dan Kegunaannya Google - Pengertian serta macam - macam larutan penyangga dan kegunaannya

Selamat sian semuanya, jumpa lagi nih dengan mengenal ilmu sains online. Gimana penjelasan simpel diatas, sudah sering membaca masalah larutan penyangga bukan? Jika sudah tentu saja mengerti, namun jika belum, saya akan memberikan materi tersebut. Ikuti saja materinya dengan baik, saya yakin kalian akan memahaminya dengan mudah.

Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga dan Kegunaannya 

Pengertian Larutan Penyangga

Larutan Penyangga (buffer), merupakan larutan yang mampu mempertahankan pH meskipun ditambahkan sedikit asam, basa, ataupun air. Larutan penyangga ada dua macam, yaitu larutan penyangga asam, dan larutan penyangga basa. Untuk mencari pH larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa, simaklah rumusnya berikut ini.

1. Larutan Penyangga Asam

a. Campuran Asam Lemah dan Basa Kuat Sisa Asam Lemah [H+] = Ka . [asam lemah] : [garam]

Atau bisa juga dengan:

[H+] = Ka . mol asam lemah : mol garam pH = -log [H+]

b. Campuran Asam Lemah dan Garamnya [H+] = Ka . [asam lemah] / n x [garam] n adalah indeks asam lemah pada garam

2. Larutan Penyangga Basa

a. Campuran Basa Lemah dan Asam Kuat Sisa Basa Lemah [OH-] = Kb . [basa lemah] : [garam]

Atau bisa juga dengan:

[OH-] = Kb . mol basa lemah : mol garam pOH = -log [OH-] pH = 14 – pOH

b. Campuran Basa Lemah dan Garamnya [OH-] = Kb . [basa lemah] / n x [garam]

Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga dan Kegunaannya 

Fungsi Larutan Penyangga

a. Didalam tubuh, larutan penyangga berfungsi untuk menjaga pH darah dan cairan intrasel.sistem penyangga yang digunakan untuk menjaga pH darah adalah penyangga karbonat (H2CO3), sedangkan sistem penyangga yang digunakan untuk menjaga pH cairan intrasel adalah penyangga fosfat (H2PO4- atau HPO42-).

b. Dalam kehidupan sehari hari, larutan penyangga digunakan untuk menjaga pH dalam makanan kaleng agar tidak mudah rusak oleh bakteri.

Pengertin serta Macam - Macam Larutan Penyangga dan Kegunaannya - Bagaimana nih materinya, menarik bukan. Sekarang kalian jadi mengetahui bahwa didalam tubuh kita terdapat larutan penyangga yang digunakan untuk menjaga pH darah dan intrasel. Saya harap kalian semua bisa mengikuti materi ini dengan baik ya. Ikuti blog ini ya teman – teman, saya jamin kalian semua akan mendapatkan materi – materi uptudate. Terimakasih sudah membaca artikel Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga dan Kegunaannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Serta Macam - Macam Larutan Penyangga Dan Kegunaannya -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment