Ulasan Cara Menghitung Rumus Luas Dan Volume Prisma Segitiga -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga - Selamat pagi teman – teman semua yang selalu setia dengan blog mengenal ilmu sains online ini, terimakasih untuk kalian yang selalu stay disini. Sudah lama nih mimin vakum karena ada urusan lain hehe. Tapi mudah mudah – mudahan kali ini mimin akan lebih konsisten lagi untuk memberikan materi – materi yang kalian butuhkan. Nah, untuk mengawali pertemuan kita pada hari ini, kita akan membahas materi tentang cara menghitung rumus luas dan volume prisma segitiga.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga

Kalian pasti sudah tidak asing lagi buan dengan prisma segitiga. Namun jika belum, ada baiknya kalian cermati materi yang akan saya berikan ini. Prisma dikatakan segitiga karena memiliki alas berbentuk segitiga. Jika berbentuk segilima maka akan berubah lagi namanya. Namun bukan itu yang akan kita bahas kali ini, kita akan membahas bagai mana cara menghitung rumus luas dan volumenya. Ayok kita perhatikan materinya berikut ini.

Rumus Luas Prisma Segitiga

Prisma segitiga terdiri dari beberapa unsur yaitu alas, tutup dan selimutnya. Jadi untuk mencari luas keseluruhan bangunan ini, kita tinggal menjumlahkan ketiga unsur tersebut, luas alas x luas tutup x luas selimut. Namun bisa juga dengan cara lain. Itu merupakan cara sederhananya saja. Rumus yang umum yaitu:

L = 2 x Luas alas + Luas selimut

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Karena alas dan tutup prisma segitiga memiliki bentuk segitiga, oleh karena itu kalian harus menggunakan rumus luas segitiga untuk mencari luas permukaannya. Rumus nya dapat kita sederhanakan lagi karena tutup dan alas sama besar, jadi luasnya menjadi:

Luas Permukaan = 2 x Luas segitiga + Luas Selimut

Rumus Volume Prisma Segitiga

Untuk mencari volume prisma segitiga, sangat gampang sekali teman – teman, ingat saja volume tabung, hanya saja alasnya berbeda, rumus volume prisma segitiga yaitu:

V = Luas Alas x Tinggi V = (½ x a x t) x Tinggi

Contoh Soal: Sebuah prisma yang alasnya berbentuk segitiga memiliki volume 480cm3. Jika prisma tersebut memiliki alas segitiga yang mempunyai alas = 12cm dan sisi miring nya = 20cm, maka tentukanlah tinggi dari prisma tersebut.

Penyelesaian: Untuk menjawab soal diatas, kita harus cermati dahulu bentuk soalnya, kemudian kita tulis yang diketahui dalam soal dan yang diinginkan soal tersebut.

Diketahui: alas segitiga = 12cm Sisi miring = 20cm Volume prisma = 480cm Ditanya: Tinggi Prisma ?

Jawab: Yang harus dicari terlebih dahulu adalah luas alasnya, namun kita tidak bisa mencari luas alasnya jika belum mendapatkan tinggi alasnya oeh karena itu kita cari alasnya terlebih dahulu dengan rumus phytagoras:

T = √202 - 122 T = √400 - 144 T = √256 T = 16cm.

Baru kita mencari luas alasnya: Luas alas = ½ x a x t Luas alas = ½ x 12 x 16 Luas alas = 96cm2.

Setelah itu, untuk mencari tinggi prisma, kita gunakan rumus volumenya, yaitu: V = luas alas x Tinggi 480 = 96 x Tinggi Tinggi Prisma = 480/96 Tinggi Prisma = 5cm.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga - Nah, inilah materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga kita pada pagi hari ini, jika kalian sering mengerjakan soal, pasti kalian bisa dengan mudah untuk mengerjakan latihan – latihan pada saat ujian semester ataupun ujian nasional. Saya berpesan kepada adik – adik semua untuk rajin dalam belajar karena saat ini menetukan masa depan kalian. Jangan lupa ikuti blog ini ya kawan – kawan. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Menghitung Rumus Luas Dan Volume Prisma Segitiga -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment