Ulasan Cara Menghitung Rumus Luas Limas Dan Volume Limas -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas - Limas merupakan bangun ruang yang memiliki sisi berbentuk segitiga serta memiliki puncak. Limas terdiri dari berbagai macam, diantaranya adalah limas segi empat, limas segitiga, limas segi lima, limas segi enam. Dilihat dari namanya saja kalian sudah paham bukan pengertiannya masing – masing. Limas segi tiga merpakan limas yang memiliki sisi alas berbentuk segitiga, limas segi empat merupakan limas dengan sisi alas segi empat, limas segi lima merupakan limas yang memiliki sisi alas berbentuk segi lima, dan limas segi enam merupakan limas yang memiliki sisi alas berbentuk segi enam.

Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas

Nah, kalimat diatas merupakan kalimat pembuka dari saya yang berisi sedikit pengertian tentang limas. Namun pada kali ini kita tidak membahas tentang pengertian limas, melainkan bagaimana cara menghitung rumus keliling, luas dan volume limas. Apakah kalian sudah tahu bagaimana caranya? Jika belum, baca saja artikel berikut ini.

Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas

Menghitung rumus luas dan volume limas sangatlah mudah, yang harus kalian lakukan untuk menghitung luas suatu limas adalah dengan membongkar gambar limasnya seperti gambar dibawah ini:

Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas

Luas limas diatas adalah sebagai berikut:

Jumlah dari luas persegi ABCD + luas ΔABE + luas ΔBCE + luas ΔCDE + luas ΔADE

Sedangkan untuk menghitung volume limas, kita memiliki rumus sebagai berikut: 1/3 x luas alas x tinggi

Semua tidak akan sulit jika kita mengingat 2 hal diatas. Yang harus kita lakukan setelah kita mengingat adalah rajin mengerjakan contoh soal tentang limas. Kita waji melatih seberapa jauh kita paham tentang materi limas. Nah, berikut ini saya memiliki beberapa contoh soal yang harus kalian kerjakan bersama – sama. 

Contoh Soal dan Pembahasan Rumus Limas

Contoh 1 Perhatikanlah gambar limas dibawah ini

Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas

Berapakah volume limas tersebut?

Jawab Diketahui T = 15cm. Panjang sisi alas = 17cm. Ditanya volume?

Penyelesaian: Volume = 1/3 x luas alas x tinggi Volume = 1/3 x 17 x 17 x 15 Volume = 1445cm.

Contoh 2 Sebuah limas segitiga dimana alasnya memiliki panjang 9cm dan lebar 6cm. apabila limas memiliki tinggi 15cm, berapakah volume limas tersebut?

Jawab Diketahui P = 9cm L = 6cm T = 15cm Ditanya Volume Limas?

Penyelesaian: Volume = 1/3 x Luas Alas x Tinggi Volume = 1/3 x (1/2 x P x L) x T Volume = 1/3 x (1/2 x 9 x 6) x 15 Volume = 1/3 x 27 x 15 Volume = 135cm.

Contoh 3 Diketahui sebuah limas berbentuk segi 4 memiliki alas dengan panjang sisi 12cm. volume limas tersebut adalah 864cm. berapakah tinggi limas tersebut?

Jawab Diketahui V = 864cm. S = 12cm Ditanya T = ?

Penyelesaian: Volume = 1/3 x Luas Alas x Tinggi 864 = 1/3 x 12 x 12 x tinggi 864 = 48 x Tinggi Tinggi = 864/48 Tinggi = 18cm.

Cara Menghitung Rumus Luas Limas dan Volume Limas - Nah, inilah sedikit materi tentang Cara menghitung rumus volume Limas. Mudah bukan? Yang harus kalian lakukan adalah rajin dalam mengerjakan soal – soal. Saya rasa cukup sekian materi yang dapat saya sampaikan, namun besok kita akan kembali lagi dengan materi yang lebih uptudate tentunya. Jangan lupa klik ikuti pada blog ini yaa untuk mendapatkan materi – materi terbaru dari saya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Menghitung Rumus Luas Limas Dan Volume Limas -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment