Ulasan Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel SPLTV -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) - Selamat pagi teman – teman semua, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online. Nah, pada pagi hari ini, saya akan memberikan materi yang mungkin membantu teman – teman semua dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Materi nya cukup mudah kok, cara mudah mengerjakkan sistem persamaan linier tiga variabel atau biasa kita kenal dengan SPLTV. Kalian semua tentu sudah pernah mengenal bukan apa itu SPLTV? Namun bagi kalian yang belum pernah belajar, tidak ada salahnya untuk mengikuti materi pada pagi hari ini.

Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Google Image - Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)

Sistem persamaan linier tiga variabel atau SPLTV, merupakan materi yang akan kita jumpai pada tingkatan SMA, namun di tingkatan SMP – pun dapat kita jumpai biarpun tidak terlalu detail. Nah, pada pagi hari ini, saya akan menjelaskan kepada kalian semua tentang cara menyelesaikan SPLTV tersebut. Tidak sulit kok, hanya perlu ketelitian dan yang pasti kalian harus rajin mengerjakkan soal yaaa. Oke langsung saja pada materinya berikut ini.

Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)

SPLTV merupakkan sistem persamaan linier yang terdiri dari tiga variabel. Sebenarnya tidak sulit dalam mengerjakkan SPLTV, jika kalian sudah paham dengan sistem persamaan dua variabel, maka akan mudah mengerjakkan yang memiliki tiga variabel. Yang harus kalian perhatikkan dalam mengerjakkan soal berbentuk SPLTV adalah lihat variabel yang memiliki kesamaan untuk bisa memperoleh persamaan yang lain. Cukup simpel bukan. Agar kalian lebih jelas, langsung saja kita masuk kepada inti dari materi kita pada pagi hari ini.

Langkah – Langkah mengerjakkan SPLTV

Untuk mengerjakkan soal yang berbentuk persamaan, kita harus memperhatikan variabel yang sama untuk dieliminasi sehingga kita bisa mendapatkan variabel yang lainnya. Contoh:

Tentukan himpunan penyelesaian x, y, dan z pada persamaan berikut ini. 4x – 8y + 12z = 40 ( Pers. I ) 2x + 8y – 2z = 15 ( Pers. II ) 3x – 6y + 3z = 20 ( Pers. III )

Dalam contoh soal diatas, kita melihat terdapat tiga variabel yaitu x, y dan z. cara menyelesaikan persamaan diatas adalah menggunakan metode eliminasi:

4x – 8y + 12z = 40 │x 1 = 4x – 8y + 12z = 40 2x + 8y – 6z = 15 │x 2 = 4x + 16y – 12z = 30 –       -24y + 24z = 10 ( Pers. IV )

2x + 8y – 2z = 20 │x 3 = 6x + 24y – 6z = 45 3x – 6y + 3z = 20 │x 2 = 6x – 12y + 6z = 40 –      36y = 5         y = 7,5 ( Pers. V )

setelah mendapatkan y, kita bisa mencari nilai dari z dengan mensubstitusi Pers. V ke Pers. IV

-24y + 24z = 10 -24(7,5) + 24z = 10 -180 + 24z = 10 24z = 190 Z = 7,9

Setelah mendapatkan nilai y dan z, kita bisa dengan mudah mencari nilai x dengan cara mensubstitusikan ke persamaan diatas.

2x + 8y – 2z = 15 2x + 8(7,5) – 2(7,9) = 15 2x + 60 – 15,8 = 15 2x + 44,2 = 15 2x = -29,2 X = -14,6

Jadi, himpunan penyelesaian dari soal diatas adalah { -14,6 ,7,5  , 7,9 }.

Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) - Nah, inilah yang dapat saya berikan kepada kalian semua, mudah bukan mengerjakan soal SPLTV, yang pasti kalian harus teliti dalam mengerjakkan soalnya. Semoga kalian bisa mendapatkan ilmu pada pagi hari ini, karena jika kalian semua paham dengan apa yang saya sajikan, saya merasa sangat senang sekali. Sekian yang dapat saya berikan, terus pelajari cara mudah mengerjakan SPLTV dan materi – materi yang lainnya ya teman – teman. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Mudah Mengerjakan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel SPLTV -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment