Ulasan Contoh Soal Dan Pembahasan Luas Dan Keliling Layang - Layang -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Contoh Soal dan Pembahasan Luas dan Keliling Layang - Layang - Hay semua, ketemu lagi dengan blog mengenal ilmu sains online. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan materi yang berjudul contoh soal dan pembahasan luas serta keliling layang – layang. Saya yakin pasti kalian semua sudah banyak membaca tentang rumus – rumus layang – layang ini. Namun tidak ada salahnya jika kalian belajar online di blog ini. Ikuti saja materi yang akan saya sampaikan. Dan jangan lupa untuk mencoba berbagai latihan setelah selesai membaca materi nya.

Contoh Soal dan Pembahasan Luas dan Keliling Layang - Layang Google Image - Contoh Soal dan Pembahasan Luas dan Keliling Layang - Layang

Untuk materi cara menghitung luas dan keliling layang – layang cukup mudah kok. Kalian hanya perlu membaca dengan baik serta mencoba contoh soal yang akan saya bagikan untuk kalian belajar. Karena jika tidak dicoba ilmu yang kalian dapat, maka ilmu tersebut akan hilang seiring berjalannya waktu. Langsung saja kita kemateri intiii.

Contoh Soal dan Pembahasannya Tentan Luas dan Keliling Layang – Layang

Contoh Soal dan Pembahasan Luas dan Keliling Layang - Layang Google Image - Contoh Soal dan Pembahasan Luas dan Keliling Layang - Layang

Perhatikanlah gambar layang – layang diatas. Layang – layang memiliki 4 rusuk yang terdiri dari panjang rusuk PQ = QR, dan PS = SR. dan garis tengah merupakan tinggi dari layang – layang tersebut. Untuk mencari keliling dari layang – layang ini sangatlah mudah. Jumlahkan saja semua rusuk – rusuk nya. Jadi keliling layang – layang adalah PQ + QR + RS + SP.

Untuk mencari luasnya, kita gunakan rumus berikut ini: Luas = ½ x Diagonal 1 x diagonal 2 Pada gambar diatas, Diagonal 1 = PR, dan Diagonal 2 = SQ.

Agar kalian semua lebih memahami materi yang saya sampaikan, mari kita kerjakan contoh soal berikut ini secara bersama – sama.

Contoh 1 Sepetak tanah berbentuk seperti layang – layang. Dimana panjang diagonal 1 = 40m dan diagonal 2 = 80m. berapakah luas tanah tersebut.

Penyelesaian

Luas = ½ x D1 x D2 Luas = ½ x 40 x 80 Luas = 1600m.

Contoh 2 Luas tanah pak toni yang berbentuk layang – layang adalah 2400m. tanah tersebut memiliki diagonal  sebesar 60. Tentukanlah diagonal yang lain.

Penyelesaian

Luas = ½ x D1 x D2 2400 = ½ x 60 x D2 2400 = 30 x D2 D2 = 2400/30 D2 = 80m.

Contoh 3 Seorang anak membuat layang – layang dengan bambu yang berukuran 35cm dan 20cm. Pada ujung bamboo diberi tali yang panjangnya 30cm dan 15cm. berapakah keliling dan luas layang – layang tersebut.

Peyelesaian

Keliling = 2 ( 30 + 15 ) Keliling = 2 ( 45 ) Keliling = 90cm

Luas = ½ x D1 x D2 Luas = ½ x 20 x 35 Luas = 350cm.

Contoh Soal dan Pembahasan Luas dan Keliling Layang - Layang - Inilah materi yang bisa saya sampaikan. Mudah bukan belajar menghitung luas layang – layang. Tidak sesulit yang kalian bayangkan. Untuk itu saya berpesan agar kalian semua rajin belajar. Belajar juga bisa dimana saja bukan. Semua sudah dipermudah dengan adanya internet. Untuk itu tidak ada alas an jika kalian malas dalam belajar. Sekian terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Contoh Soal Dan Pembahasan Luas Dan Keliling Layang - Layang -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment