Ulasan Pengertian Contoh Soal Dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP - Hai semua, jumpa lagi bersama mengenal ilmu sains online. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan materi yang berjudul Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP. Sebelum masuk ke soal – soal, baca terlebih dahulu materinya yang akan saya berikan juga disini. Kalian hanya perlu ikuti saja apa yang akan saya bahas. Perhatikan dengan baik yaa.. Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP Google Image - Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP

Pengertian dan Penjelasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP

Pengertian Himpunan merupakan sekumpulan atau sekelompok objek, sedangkan objeknya tersebut dinamakan dengan elemen. Dalam matematika, hipunan biasanya ditulis dengan tanda kurung kurawal {…}. Ada beberapa jenis himpunan dalam matematika diantaranya himpunan kosong, himpunan semesta, himpunan kuasa, dan himpunan bagian. 

Notasi Himpunan Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa penulisan himpunan dinotasikan dengan symbol kurung kurawal {…}. untuk penulisan elemen yang tidak dituliskan karena terlalu banyak mungkin dinotasikan dengan tanda titik sebanyak tiga titik (…). setiap elemen atau anggota suatu himpunan dinotasikan dengan simbol seperti E . Sedangkan untuk yang bukan merupakan anggota suatu himpunan dilambangkan dengan E namun ada garis tengahnya .

Contoh  B = {x I x < 10, x E R} Dibaca:  X adalah anggota dari himpunan B, dimana nilai x kuran dari 10, dan x merupakan anggota bilangan real. Jadi, Himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

Contoh Soal Dan Penjelasan Himpunan Kelas 7 SMP

Contoh 1 Pak toni memiliki 40 ekor sapi. 38 diantaranya suka memakan rumput gajah, dan 15 suka memakan rumput biasa. Apa bila ada 2 ekor sapi yang tidak suka keduanya, maka berapakah sapi yang suka kedua – duanya.

Penyelesaian

Untuk soal diatas kita bisa gunakan rumus berikut

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X}) n{AΛB} = (38 + 15) – (40 – 2) n{AΛB} = (53) – (38) n{AΛB} = 15

Jadi, jumlah sapi yang menyukai kedua rumput adalah sebanyak 15 ekor

Contoh 2 Siswa SMAN 1 Tumijajar kelas 9a berjumlah 28 Siswa. 20 siswa menyukai pelajaran kimia, 16 orang menyukai pelajaran fisika. Ada 3 orang ya tidak suka dengan kedua pelajaran tersebut. Berpakah siswa yang suka dengan pelajaran kimia, dan berapakah siswa yang suka dengan pelajaran fisika.

Penyelesaian

Untuk soal diatas, kita cari terlebih dahulu siswa yang suka kedua pelajaran tersebut.

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X}) n{AΛB} = (20 + 16) – (28 – 3) n{AΛB} = (36) – (25) n{AΛB} = 11

maka akan didapat jumlah siswa yang suka pelajaran kimia, dan fisika.

siswa yang suka dengan kimia saja = 20 – 11 = 9 siswa siswa yang suka dengan fisika saja = 16 – 11 = 5 siswa.

Contoh 3 Diposyandu terdapat sedikitnya 36 bayi. 18 bayi suka makan buah – buahan, 14 bayi suka memakan bubur. Jika 10 bayi menyukai keduanya, maka berapakah bayi yang tidak menyukai keduanya.

Penyelesaian

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X}) 10 = (18 + 14) – (36 – n{X}) 10 = 32 – 36 + n{X} 10 + 4 = n{X} 14 = n{X}

Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP - Inilah yang dapat saya berikan kepada kalian hari ini, saya harap kalian semua bisa mengambil biarpun hanya sedikit. Kalian semua harus bisa mengerjakan soal – soal yang lainnya yang berkaitan dengan himpunan. Karena kalian semua sudah mempelajari ilmu yang telah saya bagikan kepada kalian semua. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Contoh Soal Dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment