Ulasan Contoh Soal Dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap - selamat menunaikan hari libur kawan, sembari libur, mari belajar online bersama saya disini. Hari ini saya akan membahas materi yang cukup ringan namun terlihat rumit. Apa itu? Bagaimana cara menentukan KPK. Inilah bahasan yang akan saya angkat pada kesempatan kali ini. Tentunya kalian semua sudah pernah mendengarnya bukaan? Tentu saja sudah, dan saya harap kalian mengikuti dengan baik materi yang akan saya sampaikan kali ini.

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap Google Image - Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari bilangan KPK salah satunya yaitu bilangan prima. Jadi kita harus mengetahui terlebih dahulu bilangan prima barulah kita dapat mengetahui konsep mencari bilangan KPK. Untuk itu, mengenal ilmu sains online akan memberikan penjelasan supaya kalian semua tidak merasa bingung lagi. Langsung saja perhatikan penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bilangan KPK dan Contohnya

Bilangan KPK atau bilangan kelipatan persekutuan terkecil adalah bilangan bulat positif terkecil yang apabila dibagi dengan bilangan keduanya hasilnya habis. Ada beberapa metode yang dapat kalian coba untuk mencari KPK yaitu:

Dengan Kelipatan Persekutuan

Jika mendengar kata persekutuan, pastilah melibatkan 2 atau lebih bilangan. Metode ini caranya dengan mencari kalipatan dari kedua bilangan. Cari nilai yang sama dari kedua bilangan tersebut. Agar kalian tidak bingung, langsung saja lihat caranya berikut ini.

Contohnya:

Carilah KPK dari 4 dan 6

Penyelesaian: Kelipatan dari 4 = { 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32 … } Kelipatan dari 6 = { 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48 .. }

Kelipatan yang sama dari kedua bilangan diatas nilainya adalah 12. Oleh karena itu, KPK dari 4 dan 6 adalah 12.

Dengan Menggunakan Pohon Faktor ( faktorisasi prima )

Selain cara diatas, untuk mencari KPK juga dapat menggunakan cara pohon faktor atau faktorisasi prima. Caranya yaitu, ambil semua factor perkalian dari semua bilangan yang ingin dicari KPKnya. Jika didalam pohon factor terdapat pangkat yang berbeda, ambil angka yang memiliki pangkat terbesar. Langsung saja lihat contoh dibawah ini.

Contohnya:

Carilah KPK dari 9, 12, dan 15

Penyelesaian: Buatlah pohon faktor seperti gambar dibawah ini.

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap Google Image - Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap

Tuliskan faktornya

9 = 32 12 = 22 x 3 15 = 3 x 5

Jadi KPK dari 9, 12, dan 15 adalah 32 x 22 x 5 = 180.

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap - Inilah materi yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua. Saya harap, kalian semua dapat mengikutinya dengan baik. Saya berpesan kepada kalian semua agar tetap semangat dalam belajar. Karena dengan belajar kalian semua bisa selangkah lebih maju dibandingkan dengan yang tidak belajar. Selain itu, kalian juga dapat melewati hari – hari dengan tenang karena rajin belajar. Sekian terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Contoh Soal Dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment