Ulasan Pengertian Bilangan Pecahan Dan Jenis Beserta Contoh Bilangan Pecahan -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Pengertian Bilangan Pecahan dan Jenis Beserta Contoh Bilangan Pecahan - Hai semuanya, kembali lagi dengan saya yang tidak pernah bosan untuk memberikan materi yang kalian butuhkan untuk kemudahan belajar kalian. Hari ini, saya akan mempostingkan kembali salah satu materi yang saya yakin kalian semua sudah sedikit mengetahuinya. Bilangan pecahan, inilah yang akan saya bagikan kepada kalian semua. Saya akan mengulas semua yang berkaitan dengan bilangan pecahan.

Pengertian Bilangan Pecahan dan Jenis Beserta Contoh Bilangan Pecahan Google Image - Pengertian Bilangan Pecahan dan Jenis Beserta Contoh Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan sering kita temui didalam soal. Namun, apakah kita tahu bahwa sebenarnya itu adalah bilangan pecahan. Jika kalian masih bingung, simak saja materi yang akan saya sampaikan sesaat lagi. Jangan lupa like dan share ya..

Pengertian Bilangan Pecahan dan Contohnya

Bilangan pecahan yaitu suatu bilangan yang merupakan hasil bagi antara bilangan bulat dan bilangan asli. Bilangan pecahan memiki pembilang dan penyebut dimana pembilang ( bilangan yang dibagi ) lebih kecil dibandingkan dengan bilangan penyebut ( bilangan pembagi ). Contoh bilangan pecahan adalah: 1/2, 1/3, 2/4, ¾, 4/5, dan seterusnya. ½ dapat dibaca satu per dua ( bisa juga dibaca satu banding dua, satu bagi dua ) artinya 1 dari 2 bagian. Angkan yang dibagi (1) merupakan pembilang, dan angka pembaginya (2) disebut dengan penyebut.

Jenis Bilangan pecahan dan Contohnya

Bilangan pecahan dibagi 6, yaitu: 

Bilangan pecahan biasa • Bialngan pecahan senilai  • Bilangan pecahan campuran • Bilangan pecahan desimal • Bilangan pecahan persen • Bilangan pecahan permil

1. Bilangan Pecahan Biasa Bilangan pecahan biasa merupakan bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut dimana nilai pembilang lebih kecil dibandingkan dengan nilai penyeut. Contohnya: 1/3, 2/4, ¾, dan seterusnya.

2. Bilangan Pecahan Senilai Merupakan bilangan pecahan dimana nilai pecahan satu sama dengan nilai pecahan yang lain. Contohnya: 10/50 = 1/5, 25/50 = ½, 1000/4000 = ¼ dan seterusnya.

3. Bilangan Pecahan Campuran  Merupakan bentuk penyederhanaan dari bilangan pecahan. Contohnya: 5/3 dapat disederhanakan menjadi 1 2/3 ( satu dua per tiga ), dan seterusnya.

4. Bilangan Pecahan Desimal Bilangan pecahan desimal merupakan bilangan yang dibagi dengan angka 10 dan pangkatnya ( 10, 100, 1000, 10.000, ……. ) Contohnya: 0,1, 1,7, 4,5, 0,01, 1,07 dan seterusnya.

5. Bilangan Pecahan Persen Ialah suatu bilangan yang dibagi dengan angka 100 dan disimbolkan dengan %. Contohnya: 1% = 1/100, 45% = 45/100 dan seterusnya.

6. Bilangan Pecahan Permil Merupakan bilangan yang dibagi dengan 1000 yang disimbolkan dengan ‰. Contohnya: 2‰ = 2/1000 dan seterusnya.

Pengertian Bilangan Pecahan dan Jenis Beserta Contoh Bilangan Pecahan - Nah, inilah yang dapat saya sampaikan, saya harap kalian bisa mengambil biarpun hanya sedikit ilmu diatas. Tidak ada seorangpun yang tidak mau mendapatkan ilmu, oleh karena itu, rajin – rajinlah kalian belajar agar ilmu yang kalian dapatkan kelak berguna bagi diri sendiri maupun diri orang lain. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Pengertian Bilangan Pecahan Dan Jenis Beserta Contoh Bilangan Pecahan -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment