Ulasan Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Trapesium Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap - Selamat pagi, semoga kalian semua masih tetap semangat untuk belajar yaa. Pada kesempatan kita di pagi hari ini, saya akan memberikan materi tentang cara menghitung rumus luas dan keliling trapisium lengkap. Sebelumnya kita telah belajar tentang macam – macam bangun datar, nah sekarang saya akan jelaskan satu persatu ya.

Trapesium merupakan salah satu contoh bangun ruang yang terdiri dari 4 rusuk dimana 2 rusuk diantaranya sejajar namun memiliki panjang yang berbeda. Trapesium ini dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yaitu trapesium sembarang, siku – siku, dan sama kaki. Trapesium sembarang merupakan trapesium yang keempat rusuknya berbeda ukurannya, sedangkan siku – siku salah satu sudutnya memiliki ukuran sudut sebesar 900, dan trapesium sama kaki merupakan jenis trapesium yang 2 rusuk sama panjang dan rusuk yang lainnya sejajar. Perhatikanlah gambar dibawah ini.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara menghitung luas dan keliling trapesium. Rumus yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap

Luas Trapesium=(jumlah sisi sejajar x tinggi)/2 Dimana: Jumlah sisi sejajar = AB + CD Tinggi = t

Keliling Trapesium = AB + BC + CD + DA (Lihat Gambar)

Contoh Soal dan Pembahasannya

1. Sebuah trapesium memiliki panjang sisi yang sejajar berturut – turut  6cm dan 12cm. bangun datar ini memiliki tinggi 5cm. berapakah luas bangun datar tersebut?

Penyelesaian

Luas = ½ x (S1 + S2) x T Luas = ½ x (6 + 12) x 5 Luas = ½ x 18 x 5 Luas = 45cm

2. Perhatikanlah gambar dibawah ini:

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap

Carilah luas dan keliling bangun datar diatas?

Penyelesaian

Untuk mencari luas pada bangun datar diatas, kita harus mencari panjang AB terlebih dahulu. Caranya, menggunakan rumus:

AE = √AD2 – DE2 AE = √102 - 82 AE = √100 – 64 AE = √36 AE = 6cm

Jadi, panjang AB sekarang = 20cm

Sekarang barulah kita mencari luas dan keliling trapesium diatas:

Luas = ½ x (S1 + S2) x T Luas = ½ x (8 + 20) x 8 Luas = ½ x 28 x 8 Luas = 112cm.

Keliling = AB + BC + CD + DA Keliling = 20 + 8 + 8 + 10 Keliling = 46cm.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Lengkap - Nah, inilah yang bisa saya bagi kepada kalian semua, saya harap kalian semua tidak pernah bosan untuk mengunjungi blog ini, karena disinilah tempatnya orang – orang yang berilmu. Saya berpesan agar kalaian semua rajin dalam belajar. Karena dengan belajar kita bisa menatap masa depan yang lebih gemilang. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Trapesium Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment