Ulasan 4 Hukum - Hukum Dasar Kimia Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi

4 Hukum - Hukum Dasar Kimia Lengkap - Selamat siang semuanya, jumpa lagi nih dengan mengenal ilmu sains onlie yang tak pernah bosan untuk memberikan materi – materi ter – update. Setelah kemarin kita telah belajar konfigurasi elektron, pada hari ini, saya akan memberikan materi ter – update yaitu 4 hukum – hukum dasar dalam kimia. Apakah kalian pernah mendengar kata – kata avogadro atau gay – lussac misalnya? Jika sudar pernah dengar, tidak masalah jika kalian membaca artikel ini. Siapa tahu menjadi lebih paham, dan bagi yang belum tahu, mari kita belajar bersama – sama.

4 Hukum - Hukum Dasar Kimia Lengkap Google Image - 4 Hukum - Hukum Dasar Kimia Lengkap

Didalam kimia, kita mengenal sedikitnya 4 hukum – hukum yang berlaku dalam kimia. Apasaja hukum –hukum tersebut? Nanti akan kita bahas bersama – sama. Sebelum itu, apakah kalian tahu untuk apa pentingnya belajar hukum – hukum kimia? Kita harus mengetahui hukum – hukum kimia ini karena ini menjadi bekal kita pada sat perhitungan kimia nanti. Contohnya perhitungan volume gas, massa unsur atau senyawa, jumlah mol, dan jumlah partikel. Oleh karena itu disimak baik – baik ya materinya berikut ini.

Hukum – Hukum Dasar Kimia

  • Hukum Kekekalan Massa (oleh Antoine Lavoisier)

Hukum kekekalan massa berbunyi “massa total zat sesudah reaksi kimia, sama dengan massa total zat sebelum reaksi”.

Contoh: 48 gr Ca + 20 gr O2  ̶> 68gr CaO

  • Hukum Perbandingan Tetap (oleh Yoseph Proust)

Hukum Perbandingan tetap berbunyi “Perbandingan massa unsur – unsur penyusun suatu senyawa selalu tetap”.

Contoh: Misal nama senyawa = AsBt, maka:

Massa B dalam AsBt  =  t x ArB/AsBt  x massa AsBt % B dalam AsBt = t x ArB/AsBt  x %  AsBt (banyak zat)/(banyak campuran) x 100% 

  • Hukum Perbandingan Volume (oleh Joseph Louis Gay-Lussac)

Hukum ini berbunyi “Jika diukur pada tekanan dan temperatur yang sama, volume gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi merupakan perbandingan bilangan bulat dan sederhana”.

Contoh: Senyawa C dan O dapat membentuk suatu molekul CO dan CO2. Jika massa C dalam Kedua nya sama, artinya jumlah C-nya juga sama.

  • Hukum Avogadro (oleh Amedeo Avogadro)

Hukum Avogadro berbunyi “pada temperatur dan tekanan yang sama, volume suatu gas sebanding dengan jumlah mol gas yang terdapat didalamnya”.

Dengan demikian, jumlah molekul dapat ditentukan sebagai berikut:

v1/v2=n1/n2=(jumlah molekul (1))/(jumlah molekul (2) )

4 Hukum - Hukum Dasar Kimia Lengkap - Nah, inilah yang dapat saya berikan kepada kalian semua. Saya berharap kalian semua bisa menyerap materi yang telah saya postingkan. Jangan pernah bosan untuk belajar ya teman – teman. Jangan lupa juga Baca Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi. Tetap semangat untuk kalian semua yang ingin menghadapi UN. Saya berpesan agar kalian belajar dari sekarang agar tidak terlalu repot pada saat UN. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan 4 Hukum - Hukum Dasar Kimia Lengkap -Kunci Jawaban + Kisi-kisi"

Post a Comment